Suasana rapat kerja KONI Tabanan di GOR Debes Tabanan, pada Jumat (18/12). (BP/Ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Tercatat 40 pengkab cabor ditambah koordinator olahraga kecamatan mengikuti rapat kerja/rapat anggota akhir tahun KONI Tabanan 2020 di GOR Debes Tabanan, pada Jumat (18/12). Rapat ini digelar sesuai dengan mandat AD/ART, yang wajib dilaksanakan sebagai ajang evaluasi dan pemantapan program kerja tahun 2020/2021.

Sekum KONI Tabanan Made Nurbawa, di Tabanan, Senin (21/12) menuturkan, Raker KONI tahun 2020 dilaksanakan secara protokol Covid-19, dengan meminimalkan peserta mengambil tema ‘Era Baru Keolahragaan Tabanan dan Evaluasi sekaligus Adaptasi di Tengah Pandemi Covid-19’. Hadir pula Sekum KONI Bali IGN Oka Darmawan.

Baca juga:  Pemkab Bangli Gratiskan Tagihan PDAM Selama Tiga Bulan

Made Nurbawa menyatakan, bupati Tabanan dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan I Ketut Subrata Suyasa mengungkapkan, Pemkab Tabanan berharap ke depan KONI Tabanan terus melakukan penguatan organisasi keolahragaan serta mampu menggalang sumber-sumber pendanaan secara mandiri, sehingga pembinaan olahraga di Tabanan bisa berkelanjutan.

Hal senada juga disampaikan Sekum KONI Bali IGN Oka Darmawan. Oka Darmawan mengakui, bahwa koordinasi kerja-kerja KONI di bidang olahraga prestasi, namun demikian KONI juga perlu mencari terobosan sektor baru, di bidang keolahragaan yang bisa memberi efek multiflier secara sosial ekonomi kepada masyarakat.

Baca juga:  Tabanan Kembangkan E-Sport di Kecamatan

Disisi lain, Ketum KONI Tabanan I Dewa Gede Ary Wirawan menyampaikan, hasil evaluasi dan program kerja meliputi penguatan organisasi olahraga, hubungan antarlembaga, pemeliharaan sarana dan prasarana, serta program pembinaan latihan mandiri akibat dampak pandei covid-19. “Selama 2020 hampir tidak ada event resmi, akibat pandemi covid-19 dan event hanya dilakukan secara virtual,” jelas Dewa Ary.

Dijelaskannya, di satu sisi kucuran dana dari Pemkab Tabanan sangat minim, sehingga ke depan seluruh cabor melakukan antisipasi dan meningkatkan kemandirian dalam melakukan pembinaan atlet, sekaligus menyeleksi atlet andalan guna persiapan Porprov Bali di Badung 2022.

Baca juga:  Benturan Popnas, Renang Porprov Usul Dimajukan

Menurut dia, program 2021 fokus pada penyelenggaraan Porkab, pengelolaan dan obyek retribusi kawasan Stadion Debes, sport tourism, sport sains, sport industri dan sport ekonomi, termasuk persiapan PON Papua 2021. “Kami bangga 13 atlet Tabanan masuk Kontingen Bali di ajang PON Papua. Mereka berasal dari cabor silat, judo, balap motor, rugby, karate dan wushu,” sebut Dewa Ary. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.