Jajaran Rindam XI/Udayana dalam rangka memperingati HUT Infanteri ke-72 menggelar aksi bersih lingkungan. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Hut Infanteri yang jatuh tiap tanggal 19 Desember sebagai tradisi prajurit Korps Infanteri mengenang peristiwa bersejarah Kota Ambarawa 72 tahun silam, dan dikenal dengan Palagan Ambarawa. Di masa pandemi tahun ini diperingati dengan cara berbeda.

Tahun-tahun sebelumnya ditandai Upacara dan tradisi Peleton Beranting tiga hari tiga malam, kini memaknai peringatan lebih diarahkan pada kegiatan aksi sosial. Seperti yang dilakukan jajaran Rindam XI/Udayana yang memperingati HUT Infanteri ke 72 dengan aksi bersih lingkungan sekitar Mako Rindam dan sampah di sungai dibantu oleh Polri dan masyarakat setempat serta petugas Dinas Lingkungan Hidup Tabanan, Rabu (16/12).

Baca juga:  Tepergok Minum Miras, Sejumlah Remaja Disanksi Fisik

Karya Bakti tersebut langsung dipimpin oleh Komadan Rindam IX/Udayana, Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, SE. “Kegiatan karya bakti TNI ini untuk peringatan hari Ulang Tahun infanteri. Lantaran adanya COVID-19 tentunya ada beberapa kegiatan rutin yang ditiadakan, seperti Upacara dan tradisi Peleton Beranting jalan tiga hari tiga malam,” terang Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes, SE, dalam rilisnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan karya bakti bersih-bersih lingkungan dan revitalisasi sungai ini sebagai langkah antisipasi kemungkinan adanya bencana banjir ketika diguyur hujan dengan intensitas deras. “Saat musim hujan tentunya sangat rentan, jika aliaran sungai tersembut maka akan berdampak pada masyarakat, ini prioritas yang kita lakukan,” jelas Kolonel Inf Joao Xavier Barreto Nunes.

Baca juga:  Kasus Penggelapan Mitra Prodin, John Winkel Serahkan Diri dan Dieksekusi ke Rutan Gianyar

Pada hari Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember juga berbarengan dengan HUT Rindam IX/Udayana, tidak hanya menggelar Karya Bakti di sekitar Mako Rindam IX/Udayana, namun Karya Bakti juga dilakukan di Taman Makan Pujaan Bangsa Margarana Tabanan. Selain itu juga digelar donor darah dan bedah rumah.

Ada dua rumah warga yang dibedah, yang pertama rumah men mandiri, alamat Payangan Tengah, Kecamatan Marga, Tabanan, yang akan diperbaiki yaitu atap, lantai dan pintu. Sedangkan rumah kedua milik I Wayan Sukada, Banjar Beringkit, Desa Beringkit, kecamatan Marga, Tabanan. Perbaikan akan dilakukan yaitu rabat tembok dan rabat lantai. Selain itu dalam memperingati hari Infanteri dan Hut Rindam IX/Udayana juga akan dilakukan sunatan massal. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Bupati Tanggapi Dingin Kasus Oknum Perbekel Pelaga
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *