Polres Badung menggelar simulasi pemungutan suara, termasuk penanganan pemilih tiba-tiba jatuh. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Polres Badung mematangkan persiapan pemungutan suara Pilkada 2020 yang tinggal menghitung hari, tepatnya 9 Desember mendatang. Pada Kamis (3/12) dilakukan simulasi pemungutan suara di areal parkir Lapangan Umum Mengwi, Badung Bali dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Polisi memfokuskan proses penanganan pemilih suhu tubuhnya di atas normal. Selain itu diperagakan juga petugas ber-APD lengkap mengevakuasi pemilih tiba-tiba jatuh. “Pemilih yang tidak mengenakan masker akan diberikan masker dan penggunaan tinta dengan cara diteteskan. Kami akan tindak tegas bagi mereka yang melanggar prokes, terlebih melakukan kerumunan saat penghitungan suara berlangsung,” tegas Wakapolres Badung Kompol Ni Putu Utariani, seizin Kapolres AKBP Roby Septiadi.

Baca juga:  Badung Siapkan Gladi Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

Kepolisian ingin memberikan pemahaman yang utuh kepada petugas keamanan. Tujuannya memastikan seluruh anggota memahami alur dan mekanisme pemilihan yang akan dilakukan, sehingga terwujud pilkada yang aman, damai, sejuk dan sehat.

Kompol Utariani menjelaskan, penerapan prokes paling utama untuk diterapkan di seluruh TPS yang ada di Kabupaten Badung. Selain itu seluruh petugas KPPS dan linmas harus di-rapid tes, mengatur jadwal pemilih datang ke TPS, penerapan social distancing.

Baca juga:  Begini, Upaya Cegah Klaster COVID-19 Pengamanan Pilkada

Saat pemungutan suara, sebelum masuk lokasi TPS, pemilih akan dicek suhu tubuh dan diperintahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Selanjutnya diberikan sarung tangan sekali pakai.

Mantan Kasat Lantas Polres Tabanan mengimbau agar masyarakat tidak melakukan kerumunan di TPS guna mencegah klaster baru penyebaran COVID -19. Pihaknya juga menyusun pengamanan kontijensi dan sinergitas antara pihak keamanan lain. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *