Suasana di Pelabuhan Padangbai,(BP/Dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Libur panjang akan dimulai Rabu (28/10) hingga 1 November. Namun, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Padangbai, Manggis, Karangasem hingga saat ini masih terlihat sepi.

Itu dapat dilihat tidak adanya antrean kendaran termasuk parkir juga sepi dari kendaraan di areal pelabuhan. Koordinator Satuan Pelayanan BPTD XII di Pelabuhan Padang Bai, I Nyoman Agus Sugiarta, Selasa (27/10) mengakui kalau penumpang dan kendaraan yang hendak melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjelang libur panjang hingga saat ini masih terlihat sepi.

Baca juga:  Disoroti, Bangkai Kapal di Dermaga Rakyat Padangbai

Belum ada lonjakan menumpang secara signifikan. “Belum adanya peningkatan jumlah penumpang hingga saat ini. Penyeberangan masih normal,” ujarnya.

Sugiarta menambahkan, kalau berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, peningkatan jumlah penumpang baru terlihat H – 2 dan H – 1 libur panjang. Untuk saat ini, untuk kendaraan yang menyebrang perharinya mencapai sekitar 150 unit. Sedangkan penumpang yang jalan kaki tidak sampai 100 orang perhari.

Menurutnya, ada sejumlah faktor yang sebabkan sepinya penumpang jelang libur panjang. Yakni, masih dalam situasi pandemi Covid-19. “Kini masyarakat memilih enggan keluar karena masih dihantui Covid-19. Terlebih lagi, syarat dokumen yang disiapkan supaaya bisa menyebrang juga ribet. Karena harus melampirkan surat keterangan negatif rapid tes Covid-19. Mungkin faktor ini yang juga mempengaruhi jumlah penyeberangan,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.