I Dewa Gede Rai. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Angka kesembuhan pasien COVID-19 di Kota Denpasar secara konsisten mengalami peningkatan sejak dua hari terakhir. Pada Jumat (9/10) tercatat angka kesembuhan pasien bertambah sebanyak 34 orang.

Sayangnya tambahan kasus sembuh juga dibarengi dengan kasus terkonfirmasi baru dan meninggal. Denpasar hari ini melaporkan sebanyak 36 orang tertular COVID-19 dan 1 orang meninggal.

“Kasus sembuh meningkat drastis sebanyak 34 orang, namun kembali ada kabar duka, kali ini 1 orang pasien COVID-19 dinyatakan meninggal dunia. Kasus positif tercatat bertambah sebanyak 36 orang, kami tetap mengajak seluruh masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Baca juga:  Bali Capai Rekor Baru Korban Jiwa, Hampir 2 Pekan Dua Zona Merah Ini Tambah Kematian

Untuk pasien meninggal dunia, Dewa Rai menjelaskan bahwa pasien diketahui berdomisili di Desa Sumerta Kauh. Pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 81 tahun.

Almarhum dinyatakan positif COVID-19 pada 27 September 2020, selanjutnya pada 6 Oktober dilakukan swab ke-2.

Namun belum keluar hasil swabnya, pada 7 Oktober pasien dinyatakan meninggal dunia dengan riwayat penyakit atau komorbid TB Paru. Hasil swab yang keluar pada 8 Oktober menunjukkan hasil yang negatif.

Sementara itu untuk pasien baru tersebar di 19 desa/kelurahan. Penambahan kasus positif terbanyak ada di Kelurahan Panjer sebanyak 6 kasus positif. Disusul Desa Tegal Kertha yang mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 5 orang.

Baca juga:  Gadaikan Mobil Sewaan Ratusan Juta Rupiah untuk Judi

Kelurahan Renon juga mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 3 orang. Kelurahan Pemecutan, Kelurahan Sesetan, Desa Tegal Harum, Desa Sidakarya, dan Desa Penatih Dangin Puri mencatatkan penambahan kasus positif sebanyak 2 orang.

Sementara itu 10 desa/kelurahan mencatatkan penambahan masing-masing sebanyak 1 orang. Sedangkan, sebanyak 24 desa/kelurahan tidak mencatatkan penambahan kasus positif baru.

Dengan demikian, secara kumulatif perkembangan kasus COVID-19 di Kota Denpasar mencapai 2.720 kasus. Jumlah pasien sembuh di Kota Denpasar mencapai 2.422 orang  (89,04 persen), meninggal dunia sebanyak 61 orang (2,24 persen), dan yang masih dalam perawatan sebanyak  237 orang (8,72 persen).

Baca juga:  Kenaikan Kasus COVID-19 di Denpasar Masih Tinggi, Tambahan Hari Ini di Puluhan Desa/Kelurahan

“Mari bersama-sama lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk dalam lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar rumah,” ujar Dewa Rai.

Terkait upaya menekan angka kematian akibat COVID-19, Dewa Rai mengatakan bahwa GTPP mengimbau kepada masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau yang berada pada usia rentan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Hindari kerumunan, selalu gunakan masker dan sesering mungkin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas,” kata Dewa Rai. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *