Tangkapan layar peta risiko per 27 September. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (1/10), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Kembali Zona Merah di Bali Tinggal Dua! Kabupatennya yang Beda

DENPASAR, BALIPOST.com – Zona risiko COVID-19 secara nasional kembali dievaluasi oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional. Dilihat di covid19.go.id/peta-risiko, hasil evaluasi terbaru tertanggal 27 September sudah dikeluarkan.

Dari data itu, Bali kembali didominasi zona oranye yang artinya risiko sedang. Dari 9 kabupaten/kota yang ada di Bali, 7 diantaranya masuk zona oranye. Sisanya dua adalah zona merah.

Selengkapnya baca di sini

2. Tak Mau Dianggap Pilih Kasih, Kapolresta Siap Tindak Hukum Pelanggar Pilkada

Baca juga:  Peduli Pandemi COVID-19, Pramusti Bali Ngamen Online

DENPASAR, BALIPOST.com – Polisi tidak mau disebut pilih kasih dalam penindakan, dan penegakkan hukum soal keramaian atau acara berkumpul. Penindakan tidak hanya soal demo bebaskan Jerinx, namun saat pilkada juga akan dikakukan hal yang sama.

“Sama, soal pilkada juga. Kami punya gakkumdu (penegakkan hukum terpadu). Ada juga panwaslu, ada juga peraturan KPU. Jika ada membuat kerumuman, jika ada pelanggaran, ya kami tindak tegas. Siapapun itu,” tandas Kapolresta Denpasar, Kombes Jansen A. Panjaitan.

Selengkapnya baca di sini

3. Gempa Megathrust Berpotensi di Bali, Ini Kata BPBD Bali

DENPASAR, BALIPOST.com – Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin meminta masyarakat Bali untuk tidak perlu panik. Utamanya dalam menyikapi potensi gempa megathrust.

Baca juga:  Viralkan Bali, Mandiri Punya Program "Bali Holiday"

Gempa megathrust sendiri merupakan hasil penelitian para ahli yang diprediksi dari hasil pemodelan. “Bali salah satunya berpotensi, maka upaya mitigasi terus dilakukan, membangun kesiapsiagaan di kalangan masyarakat Bali,” ujarnya dikonfirmasi, Kamis (1/10).

Selengkapnya baca di sini

4. Upaya Niskala Ditempuh, Nenek 80 Tahun Hilang 10 Hari Ditemukan Selamat di Dasar Jurang

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Setelah dinyatakan hilang selama 10 hari, seorang nenek berusia 80 tahun, Cukri, ternyata ditemukan selamat, Kamis (1/10). Pihak keluarga sempat putus asa, karena proses pencarian biasa tak membuahkan hasil.

Baca juga:  Gunung Agung Meletus, Penerbangan di Bandara Ngurah Rai Masih Normal

Cukri asal Banjar Salah, Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, akhirnya ditemukan setelah dilakukan upacara niskala dengan menggelar upacara di Pura Hyang Pancuhan Temeling.

Selengkapnya baca di sini

5. Gempa Megathrust Berpotensi Terjadi, BPBD Badung Siapkan Skenario Ini

MANGUPURA, BALIPOST.com – Gempa megathrust berpotensi terjadi di seluruh Indonesia terutama sebelah Barat, Selatan Jawa termasuk Bali. Di Kabupaten Badung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan skenario guna mengantisipasi bencana alam tersebut.

Kepala BPBD Bagus Nyoman Wiranata, membenarkan jika Badung telah memiliki skenario tanggap bencana gempa bumi. Tanggap bencana ini berkoordinasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.