Tumpukan sampah di TPA Butus. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karangasem akan menata ke dua tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Penataan itu dilakukan agar lokasi dapat menampung lebih banyak lagi sampah karena saat ini kondisinya sudah overload.

Kepala DLH Karangasem, I Gede Ngurah Yudiantara, mengatakan, dua TPA yang bakal dilakukan penataan, yakni TPA Linggasana di Banjar Linggasana dan TPA Butus di Banjar Butus, Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

Baca juga:  IBTK di Besakih, Ini Rangkaian Acaranya

“Dalam waktu dekat kedua TPA di Buana Giri akan ditata. Sehingga bisa digunakan lagi untuk membuang sampah warga. Penataan kita lakukan agar bisa dipakai untuk buang sampah. Mengingat TPA sekitar Lingasana kondisinya sudah overload, dan TPA di Butus hampir overload. Sehingga perlu dilakukan penataan lagi untuk bisa menampung sampah,” ucapnya.

Yudiantara menambahkan, tumpukan sampah yang berada di dua TPA ini rencananya digunakan untuk menutup lubang galian yang ditinggal pengusaha. Kata dia, sampah yang sudah menumpuk lama, akan diolah dulu jadi pupuk “Untuk rencana itu kita sudah dikoordinasikan dengan warga. Kita harap itu bisa berjalan dengan lancar nantinya,” Katanya.

Baca juga:  Bupati Mas Sumatri dan Wabup Artha Dipa Ajukan Cuti Hingga Desember

Dia menghimbau warga supaya memilah sampah organik dan non organik. Sampah anorganik bisa dibuang ke TPA, dan sampah organik bisa dibuang kebun untuk dipakai pupuk. Dengan begitu, sampah organik dapat dimanfaatkan warga untuk pupuk organik. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.