Sejumlah pasien COVID-19 dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Sebanyak 18 pasien terkonfirmasi COVID-19 yang menjalani perawatan dinyatakan sembuh, Selasa (1/9). Pasien sembuh itu rinciannya 15 orang merupakan pasien yang menjalani isolasi mandiri di Hotel Jimbarwana dan tiga orang lagi jalani perawatan di Ruang isolasi RSU Negara.

Pelepasan pasien sembuh di halaman Hotel Jimbarwana oleh Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sekaligus Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr I Gusti Agung Putu Arisantha. Disebutkan Arisantha dari 15 yang sembuh itu, 13 merupakan warga KTP Jembrana dan dua orang lagi warga non Jembrana yang berprofesi sebagai auditor.

“Mereka sudah dinyatakan sembuh setelah sebelumnya jalani isolasi mandiri di hotel. Dari perawatan dan pemeriksaan mereka dinyatakan tidak terinfeksi COVID-19,” kata Arisantha.

Baca juga:  Klaster Pasar Xinfadi, China Kembali Laporkan Puluhan Kasus Baru

Dijelaskannya, sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 revisi kelima yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, bagi pasien tanpa bergejala bisa dilakukan perawatan dan isolasi di rumah. Namun tetap di bawah pengawasan tim medis.

“Dari KMK itu jelas, warga terkonfirmasi positif bisa dirawat di rumah. Tapi kita gugus Tugas Jembrana mengambil opsi karantina terpusat. Isolasi hotel dipilih sebagai opsi mengingat sebelumnya daya tampung RSU Negara sempat penuh, ebelum kini ada tambahan bed isolasi sebanyak 22 buah,” kata Arisantha.

Kendati menjalani isolasi di hotel, penanganan pasien tetap dilakukan. Seperti jalani terapi, obat serta pemberian multivitamin. “Dengan kesembuhan tadi, sebanyak 8 orang pasien terkonfirmasi saat ini masih jalani isolasi di hotel,” imbuhnya.

Baca juga:  Empat dari Lima Kecamatan di Jembrana Sudah Ada Warga Positif COVID-19

Dari data, saat ini masih ada 20 pasien terkonfirmasi yang masih jalani isolasi mandiri di rumah. Rencananya mereka akan dipindahkan untuk jalani perawatan di RSU Negara. “Dengan tambahan kapasitas bed yang baru, serta beberapa pasien yang sudah dipulangkan karena sembuh,  RSU Negara kimi masih memiliki data tampung untuk merawat pasien terkonfirmasi lainnya. Kita akan pindahkan yang di rumah, berkoordinasi dengan beberapa puskesmas, mengingat pasien tersebar dibeberapa wilayah,” jelas Arisantha.

Baca juga:  ODP di Jembrana Terus Bertambah

Selain kesembuhan pasien terkonfirmasi yang jalani isolasi di hotel, tiga pasien di RSU Negara juga turut dipulangkan setelah dinyatakan sembuh. Kesembuhan itu disampaikan langsung Kabid Pelayanan Medis, dr. I Gede Ambara Putra.

Tiga pasien dipulangkan itu masing-masing, perempuan 46 tahun asal Tegal Badeng Barat, perempuan 47 tahun asal Ekasari Melaya, serta pria 31 tahun asal Desa Manistutu Melaya. Sehingga saat ini RSU Negara masih merawat 18 pasien positif serta 1 pasien suspek.

Secara kumulatif total angka terkonfimasi di Jembrana sebanyak 145 orang. Sedangkan pasien sembuh sebanyak 97 orang dengan dua kasus kematian. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.