Bupati Suwirta saat turun ke tengah masyarakat melakukan penyaluran BLT. (BP/Ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Bupati Klungkung Nyoman Suwirta terus mempercepat penyaluran BLT kepada warga terdampak COVID-19. Selain menyalurkan bantuan disela-sela kegiatan itu, Bupati Suwirta tak henti-hentinya mengingatkan warga, bahwa pandemi COVID-19, belum berakhir.

Maka, dia terus memperingatkan warga agar jangan meboya, tetapi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan, agar tidak tertular maupun menularkan kepada orang lain.

Demikian pesan yang disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta kepada masyarakat saat kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari APBD Klungkung Tahun 2020, kepada masyarakat di Desa Dawan Kaler, Desa Besan dan Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Selasa (25/8). Turut hadir Plt. Kepala Dinas Sosial P3A, I Wayan Sumarta, Camat Dawan Anak Agung Putra Wedana serta masing-masing Perangkat Desa setempat.

Baca juga:  Tak Cuma Berjuang Jadikan 3 Kawasan Zona Hijau, Gubernur Koster Sedang Lobi Ini ke Pusat

Dihadapan para penerima, Bupati Suwirta berharap bantuan ini bisa dipergunakan dengan bijak, terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok selama pandemi. Jangan sampai disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak perlu. Sebab, belum ada yang tahu sampai kapan pandemi ini akan berlangsung. “Bantuan ini harus dipergunakan dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan, misalnya untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jangan sampai ada disalahgunakan,” ujar Bupati Suwirta kepada para penerima.

Lebih lanjut, Bupati Suwirta juga tidak henti-hentinya mengingatkan agar seluruh perangkat desa bisa mengawal dan mengawasi bantuan ini. Bupati juga tetap mewanti-wanti perangkat desa untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pendataan dan menentukan calon penerima bantuan.

Baca juga:  Waspada COVID-19, Unud Batasi Kegiatan Keramaian di Kampus

Agar yang menerima, benar-benar orang yang layak dibantu sesuai persyaratan dan kriteria yang diberikan pemerintah. “Jangan sampai ada warga yang memisahkan KK hanya ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah ini,” harap Bupati Suwirta.

Tidak hanya itu, Bupati Suwirta juga mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama untuk bangkit menghadapi situasi di tengah pandemi ini. “Jadikan pandemi COVID-19 ini sebagai pelajaran bagi kita semua untuk bangkit, yang mempunyai lahan pertanian maupun perkebunan untuk kembali aktif dan diperdayakan dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidup ke depan,” imbuhnya.

Baca juga:  OJK: Pandemi Covid-19 Munculkan Sektor Unggulan Baru

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Sosial P3A, I Wayan Sumarta, mengatakan penyaluran bantuan ini dilakukan dalam tiga tahap selama tiga bulan ke depan dengan nilai Rp 600.000. BLT yang disalurkan kali ini masing-masing di Desa Dawan Kaler sebanyak 67 penerima, Desa Besan sebanyak 5 penerima dan Desa Dawan Klod sebanyak 123 penerima. Jadi total keseluruhan penerima sebanyak 195 penerima dengan jumlah dana sebesar Rp 117.000.000. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *