Penerima beasiswa dari Konjen RRT. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Acara penyerahan Beasiswa Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar yang ke-3 diselenggarakan pada Kamis (6/8) secara daring. Acara dihadiri oleh Plt. Konsul Jenderal RRT di Denpasar Mr. Chen Wei, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. Aidy Furqan, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali yang diwakili oleh Ida Ayu Nyoman Candrawati, perwakilan guru dan siswa sekolah lingkup kerja Konsulat RRT yang mempunyai kelas bahasa Mandarin.

Plt, Konjen RRT di Denpasar Chen Wei menyampaikan selamat kepada guru dan siswa penerima Beasiswa Konjen RRT. Ia menegaskan, walaupun di masa pandemi ini, para siswa tetap dengan giat belajar bahasa Mandarin dan meraih nilai yang memuaskan.

Baca juga:  Pekan Depan, RS PTN Unud Siap Lakukan Tes PCR

Chen Wei juga menyampaikan, tahun ini menandai 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia. Selama perjalanan 70 tahun, persahabatan dan kerjasama antara kedua negara semakin mendalam. “Semakin banyak perusahaan dan warga Tiongkok berinvestasi atau berwisata ke Indonesia, dan tentu saja ini menjadikan kebutuhan yang mendesak bagi SDM yang menguasai Mandarin,” ujarnya.

Chen Wei berharap siwa-siswi terus belajar bahasa Mandarin dan menjadi duta persahabatan antara masyarakat kedua negara. “Konsulat Jenderal akan terus memberikan dukungan demi pengembangan pendidikan Bahasa Mandarin di wilayah lingkup kerja Konsulat, yaitu provinsi Bali, NTB dan NTT,” tegasnya.

Baca juga:  Kontribusi Langsung ke Daerah, UPBJJ-UT Denpasar Bali Gandeng Pemkab Karangasem

Louis Ivander Yangky, siswa Sekolah CHIS Bali merupakan perwakilan siswa yang terpilih meraih peringkat pertama dalam Beasiswa Konjen tahun ini. Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Konsulat Jenderal RRT atas penghargaan dan para guru sekolah yang telah mendidiknya dengan tulus.

Sementara itu, Teguh Setiawan dari Sekolah Tiga Bahasa Budi Luhur Lombok, sebagai perwakilan peraih beasiswa kategori Guru Teladan juga menyampaikan terima kasih kepada Konsulat Jenderal RRT di Denpasar. Dalam perjalanan 8 tahun mengajar bahasa Mandarin, ia  melihat kemajuan dan peningkatan kemampuan bahasa siswa didiknya.

Baca juga:  Diduga Bocor, Kapal Kargo Dilaporkan Hilang di Celukan Bawang

Berdasarkan rekomendasi setiap sekolah dan kriteria standar pemilihan penerima beasiswa, telah diputuskan sebanyak 162 siswa dan 15 guru terpilih sebagai penerima beasiswa pada periode ini. Konsulat Tiongkok di Denpasar telah menyelenggarakan kegiatan ini mulai dari tahun 2018 berturut-turut selama 3 kali. (Subrata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.