Pemimpin Kelompok Media Bali Post, Satria Naradha, disaksikan Konjen RRT Denpasar, Zhu Xinglong menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya mantan Presiden RRT, Jiang Zemin di Konsulat Jenderal RRT Denpasar, Selasa (6/12). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hubungan erat Bali-Tiongkok sudah terjalin lama. Masyarakat Bali pun menyampaikan duka cita atas meninggalnya mantan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jiang Zemin.

Penyampaian duka cita atas meninggalnya Jiang Zemin tak hanya disampaikan lisan, sejumlah karangan bunga dari berbagai kalangan nampak dikirim ke Konsulat Jenderal RRT yang beralamat di Jl. Tukad Badung No. 8X Renon, Denpasar. Cukup banyak juga warga Tiongkok maupun Bali yang menyampaikan langsung duka cita dengan cara mendoakan dan melakukan penghormatan terakhir ke Konjen RRT Denpasar.

Salah satu tokoh pers yang juga Pemimpin Kelompok Media Bali Post, Satria Naradha termasuk yang melakukan penghormatan terakhir ke Konjen RRT Denpasar, Selasa (6/12). Dalam kesempatan itu, Satria Naradha bersama Pemimpin Redaksi Bali Post dan Bali TV menyampaikan duka cita atas meninggalnya Jiang Zemin yang diterima langsung Konjen RRT Denpasar, Zhu Xinglong.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Bali Bertambah Tiga Ratusan, Korban Jiwa Capai Belasan Orang

Konjen RRT menjelaskan pihaknya mengakomodir ucapan duka cita dari masyarakat dengan membuka Buku Belangsungkawa. Pembukaan buku belasungkawa dilakukan selama 6 hari, dari 1 hingga 6 Desember 2022, mulai pukul 9.00 hingga 11.00 WITA.

Konjen menginformasikan Jiang Zemin meninggal dunia pada 30 November karena sakit pada usia 96 tahun pada pukul 12:13 WITA di Shanghai.Jiang merupakan sosok pemimpin yang luar biasa dengan prestise tinggi yang diakui oleh seluruh Partai Komunis Republik Rakyat Tiongkok, seluruh Angkatan Militer RRT, dan Masyarakat Tiongkok.

Baca juga:  Kriminalitas di Bali Meningkat Disinyalir Makin Banyaknya Duktang, Begini Kata Sekda

“Beliau merupakan ahli kenegarawan, ahli strategi militer, ahli diplomasi, dan pemimpin perjuanganan sosialisme dengan karakteristik Tiongkok. Beliau juga merupakan inti dari kepemimpinan kolektif pusat generasi ketiga Partai Komunis dan pendiri utama Teori Tiga Perwakilan,” sebutnya.

Sebagai tanda berkabung dan rasa hormat, Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di
Denpasar membuka Buku Belasungkawa bagi mereka yang ingin menuliskan ungkapan
duka cita.

Jiang Zemin menjabat sebagai Presiden RRT pada periode 1993-2003. Upacara perkabungan untuk mengenang Kamerad Jiang Zemin akan diadakan di Balai Agung Rakyat Beijing, pada Selasa, Desember 2022.

Baca juga:  Sejak Gelombang Kedua Melanda, Kasus Harian COVID-19 Bali Capai Rekor Terendah

Sebelumnya mangkatnya Jiang Zemin juga diperingati dengan pengibaran bendera China setengah tiang secara nasional dan di kantor-kantor perwakilan pemerintah China di luar wilayah Daratan. Sementara itu, semua halaman utama sejumlah media arus utama China berhiaskan hitam-putih.

Demikian pula dengan media-media sosial dan platform belanja daring, seperti Alipay dan Taobao, juga hitam-putih tidak seperti biasanya yang menampilkan produk-produk promosi berwarna-warni. Jiang Zemin meninggal dunia akibat leukimia dan kegagalan multi-organ tubuh dalam usia 96 tahun di Shanghai, Rabu (30/11) siang. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN