Ilustrasi. (BP/tomik)

NEGARA, BALIPOST.com – Dua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Jembrana yang dirawat di RSU Negara dan RSUP Sanglah, akhirnya dinyatakan sembuh. Satu pasien yang sembuh itu di antaranya merupakan bayi umur satu bulan asal Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo. Kendatipun sudah ada, dua pasien yang dinyatakan sembuh, RSU Negara, Senin (20/7), kembali merawat satu pasien positif Covid-19 baru.

Direktur RSU Negara, dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, disela-sela pelepasan dua pasien menjelaskan untuk pasien sembuh pertama, merupakan remaja umur 17 tahun asal Banjar Munduk, Desa Kaliakah. Sedangkan pasien kedua, merupakan bayi umur 1 bulan asal Yehembang Kangin Mendoyo dan sebelumnya dirawat di RSU Sanglah. Menurut Parwata, pasien remaja tersebut juga berasal dari klaster penyebaran di Banjar Munduk yang sempat dilakukan karantina wilayah. Sebelumnya, ayahnya dari pasien ini juga sempat dirawat diruang isolasi RSU Negara. Kini sudah dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan Jumat (17/7).

Baca juga:  Jembrana Putuskan Tunda PTM

Diluar pasien terkonfirmasi positf, ikut dipulangkan hari ini satu pasien PDP 37 tahun asal Batuagung Kecamatan Jembrana. “Baik pasien positif maupun PDP dinyatakan sembuh dari hasil tes swab negatif dua kali berturut turut,” terangnya.

Selain kesembuhan pasien, Gugus Tugas Jembrana juga menyampaikan satu tambahan kasus terkonfirmasi positif. Pasien ini asal Yehembang Kangin, yang masih ada kerabat dengan pasien bayi yang sudah sembuh. Pasien itu merupakan nenek dari bayi 1 bulan sebelumnya. Dari hasil swab, nenek bayi tersebut terkonfirmasi positif dan akhirnya dirawat di RSU Negara.

Baca juga:  Sektor Pariwisata Lesu Generasi Muda Diajak Bertani

Dengan demikian total jumlah pasien terkonfirmasi positif di Jembrana bertambah menjadi 54. Dari jumlah itu, pasien yang sudah sembuh sebanyak 47 orang. ” Pasien ke -54 ini hasil tracking gugus tugas Jembrana terhadap bayi 1 bulan yang sudah dinyatakan positif. Kita juga lakukan test swab kepada kedua orang tuanya , hasilnya negatif. Ternyata yang terkonfimasi positif ini neneknya (orang tua dari ayah bayi 1 bulan), ” papar Jubir Gugus Tugas Percepatan Covid-29 Jembrana , dr I Gusti Agung Putu Arisantha.

Baca juga:  Perwali PKM Ditandatangani, Ini Harapan Wali Kota

Terkait bayi yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dengan dua kali hasil swab negatif, menurutnya masih menjalani perawatan di RSUP Sanglah. Bayi satu bulan itu belum bisa dipulangkan karena masih perawatan tindakan di kepalanya. Sebelum dinyatakan sembuh, bayi ini masuk ke RSUP Sanglah, rujukan dari RSU Negara pada tanggal 9 juli 2020 dengan riwayat kesadaran menurun. Sempat tercatat sebagai PDP karena disertai demam , sampai hasil swab keluar dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. (Surya Dharma/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *