Satpol PP Denpasar mengamankan ODGJ yang kerap ngamuk dan menyerang orang lewat. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Seorang dengan gangguan jiwa (ODGJ) diamankan saat mengamuk di Lingkungan Buana Kubu, Denpasar Barat, Rabu (15/7). Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga didampingi Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (KUKM), I Nyoman Sudarsana, mengatakan ODGJ ini dilaporkan keluarganya.

Alasannya, ia sering mengamuk dan menyerang keluarga dan orang lewat di depan rumahnya. Setelah diamankan pasukan regu Satpol PP digiring ke kantor. ”Setelah kami amankan di ruang binaan, ODGJ ini terus ngamuk dan apa yang ada di ruangan dipukul,’’ ujar Anom Sayoga.

Baca juga:  Jembrana Laporkan Korban Jiwa COVID-19, Kondisinya Sudah Bergejala Berat

Dia mengaku, sebelum dikirim ke RSJ Bali di Bangli, pihaknya menunggu tim kesehatan dari Dinas Kesehatan untuk memeriksa dan memberi obat penenang agar tidak mengamuk. Kalau sudah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan, secepatnya dikirim ke RSJ Bali.

Belakangan ini pihaknya mengamankan beberapa orgil menindaklanjuti pengaduan masyarakat dan orgil tersebut kebanyakan orang luar. Namun, tetap mengamankan sekaligus mengirim ke RSJ Bali. ”Kami tetap menjalankan tugas demi kemanusiaan dan harus cepat ditangani. Kalau tidak diambil tindakan cepat dapat mengganggu keamanan, kenyamanan dan membahayakan masyarakat Kota Denpasar,’’ ucapnya.

Baca juga:  Soal Pembangunan LRT di Bali, Giri Prasta Siap Gelontorkan APBD

Disingung soal ketertiban umum, lanjut Anom Sayoga, ditangani Satpol PP dan masalah sosial menjadi kewenangan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja. Namun masalah keamanan, ketertiban dan kenyamanan warga Denpasar menjadi prioritas dan menjadi tanggung jawab Satpol PP bersama institusi lainnya. ”Kalau gangguan kemanan dan kenyamanan warga di Denpasar menjadi tanggung jawab Satpol PP bersinergi dengan TNI, Polri dan OPD terkait lainnya,’’ jelasnya.

Baca juga:  Sempat Dicari hingga ke UGD, Wanita Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Setra Buleleng

Selain menangani masalah ODGJ …
Baca selengkapnya dimedia partner DENPOST.id

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *