Ilustrasi. (BP/tomik)

BANGLI, BALIPOST.com – Jumlah warga Bangli yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah dua orang, Rabu (8/7). Keduanya merupakan pedagang. Di sisi lain, Bangli juga mengalami penambahan jumlah warga yang sembuh dari Covid-19 sebanyak empat orang.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli I Wayan Dirgayusa mengatakan, dua orang yang terkonfirmasi positif Covid masing-masing warga asal Desa Bantang dan asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani. Keduanya terpapar corona akibat transmisi lokal.

Warga yang dinyatakan positif Covid asal Desa Bantang merupakan pedagang keliling. Dia diketahui terpapar corona berawal dari kegiatan rapid test yang diadakan tim surveilan Dinas Kesehatan Kota Denpasar terhadap para pedagang di sejumlah wilayah di Denpasar. “Karena hasil rapid test-nya menunjukan reaktif maka dinas kesehatan Kota Denpasar berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli untuk selanjutnya dilaksanakan swab di RSU Bangli pada 4 Juli lalu,” kata Dirgayusa.

Baca juga:  Usai UHC Sabet Penghargaan, TOSS dan "Bima Juara" Klungkung Masuk Nominasi KIPP

Dari hasil swab tersebut, yang bersangkutan dinyatakan positif terinfeksi virus corona empat hari kemudian. Saat ini pedagang tersebut telah dikarantina di sebuah hotel dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Sedangkan warga positif corona asal Desa Songan merupakan seorang pedagang sapi. Dia terkonfirmasi positif berawal dari pengembangan kasus sebelumnya yang tercatat sebagai kasus nomor 175 di kabupaten Bangli. Awalnya saat dirapid tes, hasil tesnya menunjukan non reaktif. Tak berapa lama setelah merasakan gejala covid, yang bersangkutan kemudian memeriksakan diri ke RS Siloam Denpasar. Hasil rapid tes maupun swabnya ternyata menunjukan positif. “Yang bersangkutan saat ini masih dirawat di RS Siloam Denpasar,” terangnya.

Baca juga:  Hari Ini, Seluruh Kasus Baru Positif COVID-19 Jenis Transmisi Lokal

Sementara itu, mengenai penambahan jumlah warga yang sembuh dari Covid-19 disebutkan Dirgayusa ada empat orang. Masing-masing berasal dari Kelurahan Bebalang, Desa Jehem, Desa Abuan, Susut dan Desa Songan. Keempatnya sebelumnya terkonfirmasi positif akibat transmisi local.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Bangli itu menyebutkan per Rabu (8/7), total jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bangli tercatat sebanyak 177 kasus. Dari angka itu, yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 129 orang, sementara yang masih dirawat sebanyak 48 orang. (Dayu Rina/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.