Kondisi Dermaga Penyebrangan Kedisan di Danau Batur, Kintamani. (BP/Ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Revitalisasi dua dermaga penyebrangan di Danau Batur, Kintamani akan direalisasikan dalam waktu dekat. Untuk memenuhi kebutuhan penyebrangan selama proses revitalisasi berlangsung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangli akan menyiapkan tempat sandar sementara untuk boat yang selama ini beroperasi di Danau Batur.

Kepala Dishub Kabupaten Bangli I Gede Redika mengatakan dua dermaga penyebrangan yang akan direvitalisasi dengan anggaran Rp 10 miliar yakni Dermaga Penyebrangan Kedisan dan Dermaga Penyebrangan Kuburan Terunyan. Kegiatan revitalisasi kedua dermaga itu akan dilaksanakan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII. Sebagaimana informasi yang diterimanya, sejauh ini rencana revitalisasi masih dalam tahap persiapan tender.

Baca juga:  Dishub Derek Kendaraan Parkir Sembarangan di Jalan Kartini

Kata Redika, untuk merevitalisasi dermaga itu, aset dermaga wajib diserahkan Pemkab Bangli ke pemerintah pusat terlebih dahulu. Pihaknya memastikan setelah proses revitalisasi selesai, pemerintah pusat akan menyerahkan kembali aset tersebut ke daerah untuk dikelola Pemkab Bangli. Kepastian itu disampaikannya karena pihak Kementerian sudah sepakat menggeser posting rekeningnya dari yang sebelumnya di belanja modal ke belanja hibah. Dengan syarat Pemkab sanggup memelihara dan mengoperasikan dermaga itu. “Jaminannya sudah ditaruh ke belanja hibah. Kami sekarang masih penuhi hal-hal yang menjadi persyaratan Kementerian,” terangnya.

Baca juga:  Pemasaran Ikan Mujair ke Karangasem Tersendat 

Kegiatan revitalisasi diperkirakan akan mulai berjalan beberapa bulan lagi. Kata Redika, selama proses pembangunan berlangsung pihaknya akan menggeser aktifitas penyebrangan. Pihaknya akan menyiapkan tempat sandar sementara agar aktifitas penyebrangan di Danau Batur bisa tetap berjalan. “Kami akan geser di sekitar lokasi dermaga sekarang,” ujarnya.

Kata Redika revitalisasi dermaga direncanakan dua tahap dan berlanjut di tahun berikutnya. Pada tahap kedua, nantinya kegiatan yang dilakukan adalah finishing dermaga Kedisan serta revitalisasi dermaga di pusat desa Terunyan. (Dayu Rina/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.