dr Siska SpM MK. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – RSUP Sanglah kini sudah menyediakan pelayanan operasi cangkok kornea mata. Layanan ini disiapkan mengingat belakangan ini banyak pasien yang mengalami kekeruhan kornea sehingga tidak bisa melihat dengan jelas.

Menurut dokter spesialis mata RSUP Sanglah, dr. Siska SpM MK., cangkok kornea bisa membantu kornea bisa lebih jernih. “Kornea merupakan jendela mata kita yang diperlukan untuk melihat, sehingga diperlukan kejernihan kornea. Banyak hal yang bisa menyebabkan kekeruhan dari kornea itu seperti riwayat kecelakaan, atau luka, infeksi pada kornea,” ujarnya, Rabu (24/6).

Dikatakan, orang-orang yang bisa melakukan operasi cangkok kornea diantaranya orang-orang yang memiliki masalah pengelihatan seperti keluhan mata buram dan disertai ada warna putih di bagian bola matanya. Biasanya lanjut Siska, dalam keadaan tersebut, pasien mengalami kebocoran pada dinding korneanya sehingga bisa menyebabkan keluarnya isi bola mata.

“Pada keadaan keruh atau seperti keputihan pada kornea, kita dapat mengembalikan kejernihan kornea tersebut dengan cara melakukan operasi cangkok kornea. Jadi, memindahkan kornea pendonor kepada penerima donor yang membutuhkan. Bukan keseluruhan mata, tapi hanya korneanya saja,” jelasnya.

Menurutnya, Bali perlu memiliki bank mata mengingat banyak kasus yang terjadi. Sebelum ada cangkok kornea, bila seseorang terjadi kebocoran dinding kornea, tim medis RSUP Sanglah hanya bisa melakukan penambalan dan itu bersifat sementara serta tidak menjamin kejernihan dari kornea tersebut. “Nah, dengan adanya cangkok kornea ini harapannya kornea menjadi lebih jernih dan pengelihatan menjadi lebih baik,” pungkasnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.