YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Memasuki H-3 Lebaran pada Jumat (22/5), jumlah penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) tidak mengalami peningkatan signifikan. Bahkan karena di tengah pandemi COVID-19 dan larangan mudik, jumlah penerbangan hanya mencapai 3 kali per harinya.

Menurut PTS General Manajer Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, rute penerbangan tidak sebanyak di waktu normal. Saat ini rute penerbangan dari Bandara YIA hanya untuk tujuan Jakarta, Balikpapan, dan Makassar. Untuk maskapai penerbangan, yang beroperasi adalah Garuda, Batik Air, Lion Air dan Sriwijaya Air,

Kendati demikian, ia menegaskan seluruh penerbangan di Bandara YIA sudah memenuhi protokol kesehatan yang berlaku. Ditambah persyaratan yang harus dibawa penumpang jika ingin bepergian, yakni surat keterangan negatif COVID-19 dan surat izin perjalanan dinas atau instansi atau surat perintah dari atasannya.

Pihak bandara menyatakan tidak akan ada puncak keramaian penumpang jelang Lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Karena setiap pesawat yang beroperasi okupansinya masih di bawah 30 persen.

Salah satu penumpang asal Makassar, Her Harjanto, mengaku saat ini persyaratan untuik penumpang transportasi udara yang diberlakukan sangat ketat. Penumnpang diwajibkan 4 jam sebelumnya harus sudah berada di Bandara guna pengecekkan surat dan berkas perjalanan. (Rida Junyanto/Jogja TV)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.