YOGYAKARTA, BALIPOST.com – Tercatat lebih dari 200 wisatawan di beberapa Pantai Gunungkidul tersengat ubur-ubur beracun. Beberapa diantaranya harus dilarikan ke puskesmas atau klinik untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

Total ada 269 orang wisatawan di sejumlah pantai di Gunungkidul tersengat ubur-ubur. Dari jumlah tersebut, serangan ubur-ubur terbanyak terjadi di Sepanjang, yakni 72 orang.

Sementara di Pantai Krakal 63 orang dan Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti sebanyak 48 orang. Empat orang pengunjung diantaranya harus dilarikan ke puskesmas karena kesakitan dan sesak nafas.

Baca juga:  Kegiatan Terorisme Tak Berhenti di Tengah Pandemi COVID-19

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan ubur-ubur yang biasa muncul merupakan binatang laut yang tergolong ke dalam kelas scyphozoa. Tubuhnya yang berbentuk payung berumbai dan bisa menyebabkan gatal di kulit jika tersentuh atau bahkan bisa menyebabkan sesak nafas.

Ia mengatakan selain mengamankan pengunjung pantai dari sengatan ubur-ubur, pihak SAR Sarlinmas juga memantau penerapan protokol kesehatan bagi wisatawan. Telah dilakukan penindakan dan pembinaan kepada pengunjung yang tidak memakai masker. (Anjar Ardityo/Jogja TV)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.