Pemkab Badung menambah ambulans untuk penanganan COVID-19. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tiga mobil ambulans disiagakan khusus untuk menangani kasus COVID-19 di Kabupaten Badung. Tambahan satu mobil berasal dari Kecamatan Petang.

Sebelumnya Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 Badung memiliki dua unit ambulans yang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Iya, kami melakukan penambahan satu unit mobil ambulans lagi dengan cadangan semua mobil ambulans puskesmas. Kalau dibutuhkan siap digerakkan. Sementara itu, yang dua unit mobil ambulans memang total kita pakai untuk mengangkut masyarakat yang membutuhkan layanan COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Badung dr I Nyoman Gunarta, Kamis (14/5).

Dengan tambahan satu unit mobil ambulans, sehingga kini total ada tiga unit ambulans siaga COVID-19 yang bisa dihubungi oleh masyarakat setiap saat. “Jadi, masyarakat yang membutuhkan bantuan penanganan dapat menghubungi call center Badung 1500096 atau emergency call 112,” kata dr Gunarta.

Lebih lanjut dikatakan, penambahan satu unit mobil ambulans ini untuk memberikan pelayanan secara maksimal. Terlebih Dinas Kesehatan tengah menggeber rapid test. “Kita terus melakukan rapid test, jadi penambahan sebagai langkah antisipasi. Bila satu unit sedang melaksanakan tugas, masih ada ambulans COVID-19 yang tetap siaga,” tegas mantan Dirut RSD Mangusada ini.

Untuk tenaga medis, ungkap birokrat asal Desa Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal ini, berasal dari Dinas Kesehatan dan RSD Mangusada. Masing-masing tenaga medis di mobil ambulans tersebut sudah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). “Mobil ambulans dan tenaga medis siap 24 jam di Command Center Puspem Badung. Begitu dibutuhkan, bisa langsung bergerak,” jelasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.