hamil
Dirut RSUD Buleleng, dr Gede Wiartana. (BP/dok)

SINGARAJA, BALIPOST.com – RSUD Buleleng kembali menerima satu pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 pada Minggu (15/3) tengah malam. Pasien berjenis kelamin laki-laki ini memiliki riwayat bekerja di kapal pesiar.

Bahkan, dikatakan Direktur Utama (Dirut) RSUD Buleleng dr. Gede Wiartana, M.kes, dari hasil penelusuran, yang bersangkutan saat berada di luar negeri sudah mengeluh suhu badannya naik turun. “Yang bersangkutan kemudian memutuskan puang ke Bali pada 14 Maret 2020 yang lalu dan sampai di Singaraja pada Minggu (15/3). Karena merasakan tidak enak, yang bersangkutan dengan sadar kemudian memeriksan kesehatan ke rumah sakit,” jelasnya.

Baca juga:  Korban Jiwa Masih Terus Bertambah, Jumlah Kasus COVID-19 Harian di Bali Kembali di Atas 100 Orang

Dari keterangan pasien, lanjutnya, diakui kalau kondisi kesehatannya terganggu sejak 5 hari lalu ketika masih berada di luar negeri. “Jadi dari riwayatnya ketika di luar negeri pasien sudah mengeluh demam dan suhu tubuh naik dan sempat minum obat penurun panas sampai akhirnya tiba di Buleleng dan masuk ke IGD dan sekarang kita nyatakan PDP,” jelasnya.

Wiartana mengatakan, saat ini sampel hapusan tenggorokan pasien sudah diambil. Sampel itu dikirim ke Balitbang Kemenkes RI di Jakarta untuk memastikan apakah terpapar COVID-19 atau tidak.

Baca juga:  Geser Denpasar, Kabupaten Ini Duduki Posisi Pertama Penyumbang Korban Jiwa dan Kasus COVID-19 Harian Terbanyak

Sementara itu, Dinas Keehatan (Diskes) Buleleng melakukan tracking terhadap keluarga dan pihak lain yang pernah berinteraksi dengan pasien. Pengawasan ini dilakukan sesuai protap yang diterbitkan Kemenkes RI. (Mudiarta/balipost)

BAGIKAN