Pohon timpa sejumlah bangunan di Pura Taman Beji, Prapat Agung. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah bangunan di Pura Taman Beji, Prapat Agung, di wilayah Taman Nasional Bali Barat (TNBB) tertimpa pohon tumbang. Diperkirakan pohon yang cukup besar ini jatuh saat hujan deras disertai angin beberapa hari lalu.

Meskipun tumbang dengan akar yang tercabut dari tanah, pohon tersebut tidak patah. Melainkan menimpa sejumlah bangunan di Pura Taman Beji, di antaranya tembok penyengker dan palinggih.

Baca juga:  Hujan Deras, Tembok Penyengker Pura Taman Beji Ambrol

Pohon berbatang empat ini nampak utuh. Begitu pula bagian Pura meskipun tertimpa tembok penyengker maupun palinggih masih berdiri. Hanya saja untuk memindahkan pohon itu perlu dilakukan pemotongan.
Pihak TNBB dan pemangku Pura Prapat Agung juga telah mengecek kejadian tersebut.

Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat, Agus Ngurah Krisna dikonfirmasi Sabtu (14/3) membenarkan adanya kejadian salah satu pohon yang roboh dan menimpa wewangunan Pura Taman Beji. Polisi Hutan dari TNBB dan pemangku juga sudah turun untuk mengecek.

Baca juga:  Enam Petugas Pungli Pos KTP Dilimpahkan ke Inspektorat

Recananya pohon itu akan dipotong menggunakan mesin pemotong, agar tidak melintang. Pura Taman Beji merupakan salah satu bagian dari Pura di Pura Prapat Agung.

Di dekat Pura tersebut terdapat telaga yang tidak pernah kering meskipun terjadi kemarau panjang. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN