SEMARAPURA, BALIPOST.com – Setelah adanya WNA yang tengah berlibur di Nusa Penida jadi pasien dalam pengawasan COVID-19, berbagai upaya pencegahan dilakukan Klungkung. Salah satunya melakukan screening atau pemeriksaan suhu tubuh terhadap setiap warga lokal maupun wisatawan yang turun di wilayah kepulauan Nusa Penida, Jumat (13/3).

Sekretaris Dinas Kesehatan Klungkung, Ida Ayu Megawati, mengatakan pemeriksaan dilakukan di tiga pintu masuk menuju Nusa Penida. Pemeriksaan dilakukan di Pelabuhan Sampalan dan Banjar Nyuh di Pulau Nusa Gede serta di Pelabuhan Jungubatu di Pulau Lembongan.

Baca juga:  WHO Kritik Negara yang Belum Miliki Komitmen Kuat Isolasi COVID-19

Upaya ini dilakukan semakin serius, setelah adanya satu pasien WNA berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di Nusa Penida. Pasien ini sudah dirujuk ke RSUP Sanglah sebagai rumah sakit rujukan, setelah sempat ditangani di RSUD Klungkung. “Sesuai protap, screening atau pemeriksaan suhu tubuh dilakukan dengan alat thermoscan,” kata Megawati.

Dalam proses pemeriksaan suhu tubuh ini, jika ditemukan ada yang sakit, akan langsung diarahkan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Tujuannya untuk memastikan kondisi kesehatan kesehatannya dan memastikan kecurigaan terpapar COVID-19 atau tidak.

Baca juga:  RSUD Sanjiwani Gratiskan Rapid Test PMI dan Orang Kontak Erat

Selanjutnya tim Dinas Kesehatan Klungkung, sedang menelusuri pihak-pihak yang sempat berinteraksi dengan pasien tersebut. Tim Surveilans sedang menelusuri lebih jauh dengan siapa saja pasien tersebut berinteraksi.

Tujuannya untuk mengecek kondisinya dan memastikan tidak terpapar COVID-19. Lokasi pasien tempat menginap sebelumnya juga sudah disterilkan dengan menyemprotkan disinfektan, sehingga tidak perlu takut tertular.

Pasien WNA dengan pengawasan COVID-19 yang sempat diisolasi di RSUD Klungkung, juga sudah dirujuk ke RSUP Sanglah. Direktur RSUD Klungkung, dr. Nyoman Kesuma, mengatakan dia sudah dirujuk Kamis (12/3) sekitar pukul 18.00 Wita.

Baca juga:  Cegah Kasus Transmisi Lokal, Pintu Keluar-Masuk Desa Bondalem Diperketat

Pihaknya juga memastikan bahwa gedung RSUD Klungkung masih tetap aman dari COVID-19. Bagi pasien atau masyarakat yang hendak berobat tidak perlu khawatir. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN