Apel kesiapan sarana prasana pengamanan Nyepi.(BP/ken)

DENPASAR, BALIPOST.com – Persiapan pengamanan hari raya Nyepi dilakukan Polresta Denpasar. Pada Jumat (13/3), Polresta menggelar apel kesiapan personal dan sarana prasarana di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur.

Sebagai Irup, Kapolresta Denpasar AKBP Jansen Avitus Panjaitan. “Ada beberapa penekanan yang perlu saya sampaikan, yaitu  jangan arogan dan jaga nama baik Polri, khusunya Polresta Denpasar dalam setiap pelaksanaan tugas.  Minimalisasi segala bentuk potensi gangguan kamtibmas  yang kemungkinan timbul sebelum, pada saat dan sesudah perayaan hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1942,” tegas Kapolresta.

Baca juga:  Tanah Lot Kembali Diserang Sampah

Selain itu, personel yang terlibat pengamankan Nyepi diminta tetap melaksanakan koordinasi dengan unsur-unsur pengamanan adat dan instansi terkait lainnya dalam pelaksaanan tugas di lapangan guna menghindari terjadinya hal-hal yang diinginkan. Berikan petunjuk yang jelas dan humanis kepada umat atau masyarakat umum yang membutuhkan bantuan kepolisian.

Terkait apel tersebut, kata AKBP Jansen, merupakan wujud kesiapan Polri, khususnya Polresta menjelang pelaksanaan pengamanan Hari Raya Nyepi dan rangkaiannya guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Rangkaian kegiatan hari raya Nyepi diawali dengan melasti atau mekiyis, pengerupukan (Tawur Agung), Nyepi dan ngembak geni.

Baca juga:  Buntut Penghentian Reklamasi Pelindo, Restoran Akame juga akan Ditutup

Pelaksanaan melasti pada 22 dan 23 Maret 2020. Pengamanan dilaksanakan secara terpadu, Polresta berserta jajarannya dibantu instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya serta berkolaborasi dengan unsur – unsur dari pengamanan adat atau pecalang.

“Perayaan hari raya Nyepi tahun ini akan dilaksanakan  lomba Ogoh-ogoh Piala Kapolda Bali di simpang Taman sari Sanur. Saya yakin dan optimis walau dengan segala keterbatasan sarana serta prasarana yang dimiliki, kita mampu memberikan yang terbaik, untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam melaksanakan perayaan Nyepi tahun ini,” tegas mantan Wakapolres Badung ini. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN