Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa. (BP/dok)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyatakan, tidak mudah mewujudkan pariwisata berkualitas atau quality tourism. Sebab, hal itu baru bisa diwujudkan jika semua stakeholder pariwisata melakukan upaya bersama atau sinergi untuk menjaga entitas kepariwisataan secara komprehensif dan terpadu.

Menurut Suiasa, tiap komponen punya peran masing-masing. Industri pariwisata memiliki kapasitas dalam hal menjaga kualitas wisatawan yang didatangkan atau datang ke Badung. Sebab pelaku pariwisatalah yang berinteraksi langsung dengan wisatawan. Pelaku pariwisata juga yang bisa mengetahui wisatawan mana yang memiliki kualitas baik secara personal, kapital maupun kultural.

Baca juga:  Koper Berisi Puluhan Reptil Diamankan Petugas Avsec

‘’Sementara pemerintah memiliki kapasitas pada aspek regulatif, proteksi, kesinambungan dan promotif . Pemerintah akan menjadi bagian sebagai stakeholder dalam mewujudkan pariwisata yang berkualitas,’’ imbuh Suiasa, Kamis (16/1).

Tak hanya itu, masyarakat juga disebutnya punya peranan sangat penting. Masyarakat dimintanya tak sekadar responsif terhadap isu kepariwisataan, namun juga harus partisipatif. Partisipasi masyarakat diwujudkan dengan melakukan kontrol dan filter terhadap wisatawan yang datang. (Dedy/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.