SINGARAJA, BALIPOST.com – Nelayan Sari Segara Pantai Penimbangan Dusun Galiran, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng, Sabtu (23/2) memindahkan ratusan telur Penyu Lekang. Telur dari sarangnya itu dipindahkan ke bak penangkaran untuk menghindari dicuri oknum tidak bertanggung jawab.

Selain itu, mereka juga khawatir kalau telur itu gagal menetas karena lokasi sarang aslinya mudah terendam air laut.
Salah seorang anggota nelayan Jro Mangku Wiadnyana menuturkan, Penyu Lekang ditemukan mengubur telurnya pada Jumat (22/2) malam sekitar pukul 21.00 Wita.

Baca juga:  Rangkaian HUT ke-74, TNI tanam 5000 Bibit Mangrove

Saat penyu memuntahkan ratusan telurnya, dia dan nelayan lain tetap menjaga sampai telur itu seluruhnya dikubur. Sabtu (23/2), Wiadnyana dan nelayan lain baru memindahkan telur tersebut ke bak penangkaran yang sudah disiapkan.

Di bak penangkaran itu, telur kembali dikubur sampai nantinya telur menetas menjadi tukik. Hasil penyelamatan tukik Itu nantinya akan dilepasliarkan ke habitat aslinya di Pantai Penimbangan.

“Ini yang pertama kita kembali menyelematkan telur yang bertelur, setelah dalam musim penyu bertelur sebelumnya hal serupa kita lakukan dan seluruh Tukik hasil penyelamatan kami dilepasliarkan ke habitat aslinya,” katanya. (Mudiarta/balipost)

Baca juga:  Ganggu Lingkungan, TPA Jungutbatu Darurat Sampah
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *