Solo Rider, Gunadi dilepas untuk melintasi rute Jakarta-Himalaya. (BP/istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi melepas Gunadi, Solo Ride Jakarta-Himalaya. Rute sepanjang 15.000 kilometer itu memakan waktu mulai 26 Agustus hingga 28 Oktober 2018 mendatang. Prosesi pelepasan dihadiri beberapa anggota komunitas motor berlangsung di Halaman Kemenhub Jakarta, Minggu (26/8).

Kegiatan Solo Ride yang dilakukan oleh Gunadi ini akan melewati 5 negara yakni Malaysia, Thailand, Myanmar, Nepal, India dengan membawa pesan Salam Persaudaraan Tanpa Batas (Brotherhood Has No Border). “Gunadi dalam perjalanannya membawa pesan yaitu safety riding, sosialisasi pembangunan jalan di Indonesia, dan menjalin persahabatan dengan negara lain yang dilalui selama perjalanan,” kara Dirjen.

Baca juga:  Bantu Tumbuh Kembang Anak, Ortu Perlu Perhatikan Dua Hal Ini

Menurut Budi, misi yang dibawa Gunadi ini juga tentang pemuda Indonesia yang penuh keberanian untuk bisa sampai ke Himalaya, sama seperti perjuangan orang-orang Indonesia yang dulu juga berani memperjuangkan Indonesia. “Ini adalah kesempatan besar untuk memperkenalkan Indonesia terlebih saat ini kita sebagai tuan rumah Asian Games 2018,” kata Dirjen Budi.

Dalam kesempatan itu, Gunadi menyatakan, perjalanannya selama 70 hari tersebut membutuhkan koordinasi dari beberapa pihak, oleh karenanya Gunadi mempersiapkan beberapa hal antara lain dokumen, persiapan fisik, dan kondisi kendaraan. “Saya juga memberi informasi ke biker Indonesia mengenai prosedur safety riding, dan untuk kendaraan jarak jauh juga harus disesuaikan medan. Motor yang dibawa nanti adalah buatan Indonesia dari pabrik di Semarang. Prinsipnya selama berkendara saya menghindari riding malam, jam 6 pagi-6 sore dan tiap 2 jam berhenti,” kata Gunadi.

Baca juga:  Komunitas Honda CBR250RR Ikuti Pelatihan Safety Riding

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Royke Lumowa yang juga hadir dalam acara tersebut mengingatkan agar Gunadi berhati-hati di jalan, dan jaga keselamatan. Beri warna tentang Indonesia bahwa orang Indonesia tertib berlalu lintas. “Yang melanggar itu hanya sebagian kecil saja tapi karena yang melanggar menarik perhatian jadi ramai. Saya sampaikan salam dari Kapolri, semoga selamat sampai ke Himalaya,” katanya. (Nikson/balipost)

Baca juga:  Kompetisi Virtual Instruktur Safety Riding, Perwakilan Astra Motor Bali Raih Juara Tiga
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *