Komang Gde Sukerta saat mengecek pembuatan baliho di percetakan miliknya. (BP/nik)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pelaksanaan Pilkada Serentak tahun ini, khususnya di Kabupaten Gianyar yang menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati, menjadi berkah bagi pengusaha percetakan. Peningkatan order naik samai 40 persen dari hari biasa.

Made Artha (60) pemilik Percetakan Puriartha mengakui sudah mengalami peningkatan pesanan signifikan untuk pembuatan baliho dan spanduk. Oderan pembuatan spanduk itu paling banyak dilakukan oleh pengurus partai, anggota dewan, relawan maupun perseorangan. “Untuk Kabupaten Gianyar paling banyak pembuatan baliho untuk Pilkada Gianyar kepada kedua kandidat. Demikian juga pemasangan Pilgub Bali, apalagi dalam Pilgub Bali, calon wakilnya dari Kabupaten Gianyar,” katanya.

Baca juga:  Bicara di Kick Off Meeting WWF, Honorary President WWC Brasil Terkesan Pidato Gubernur Koster

Memenuhi pesanan, Made Artha memiliki karyawan 6. “Kami juga punya tenaga untuk mengambil foto langsung bagi mereka yang ingin muncul di baliho,” jelasnya.

Sementara pemilik Percetakan Alam Bali Advertising yakni Komang Gde Sukerta (43) mengakui peningkatan pesanan baliho untuk pilkada sudah terjadi sejak setahun lalu. Namun memasuki tahun ini pesanan terus meningkat. “Semenjak dimulai perhelatan politik baik Pilgub dan Pilkada Gianyar, oderan pembuatan Baliho naik sekitar 40 persen,” kata Sukerta.

Baca juga:  Karena Ini, Paslon di Pilkada Serentak Harus Tes Rambut

Sukerta yanag mengaku mempekerjakan 8 orang. Para konsumen pun bisa menunggu selagi pesanan mereka dikerjakan. Sebab, baliho berukuran 2×3 meter dapat dicetak 5 menit, 3×4 meter selesai dalam 12 menit dan ukuran 4×6 meter memerlukan waktu cetak 20 menit. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *