NEGARA, BALIPOST.com – Banjar Pancaseming, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana, belakangan menjadi salah satu kawasan populer di Jembrana. Dusun di pinggir hutan dengan masyarakat yang ramah ini ternyata memiliki pemandangan perbukitan yang indah.

Tebing puncak dengan julukan “JR” menjadi salah satu spot dengan pemandangan lanskap dari atas perbukitan. Uniknya, tempat ini mulai dikenal setelah para muda-mudi di dusun tersebut mengunggah di media sosial (medsos).

Dari mulut ke mulut, bukit JR ini menarik perhatian warga dan mulai mengunjungi lokasi tersebut. Kondisi tersebut menjadikan peluang bagi masyarakat sekitar yang sebagian besar petani kebun. Sekedar untuk parkir dan berjualan minuman di sekitar lokasi.

Baca juga:  Kafe di Jembrana Mulai Buka

Kendati bermula dari swadaya masyarakat belakangan kawasan perbukitan ini mulai ditata. Warga yang datang pun bukan dari warga Jembrana saja, tetapi juga dari luar kota, khususnya pada saat akhir pekan.

Tebing Pancaseming menawarkan panorama lanskap pemandangan kota Negara hingga lautan luas dari ketinggian. Waktu terbaik mengunjungi Tebing Pancaseming ini adalah pagi dan menjelang malam karena cuaca tidak terlalu panas.

Medan yang terjal untuk menuju lokasi akan terbayarkan dengan pemandangan di puncak tebing. Oleh warga sekitar, disediakan tower dengan bahan alami yang bisa dinaiki sehingga terasa lebih tinggi. Begitu pula dengan rumah pohon, pengunjung yang ingin melihat pemandangan kota Negara dari ketinggian bisa naik ke sini.

Baca juga:  Banjir Juga Landa Kantor KPU dan PDAM Jembrana, Karyawan Tak Bisa Masuk

Kelian Pancaseming, Ida Bagus Artawan (34) nama puncak JR  pertama kali diperkenalkan sekeha teruna STT Budi sastra  setempat dengan arti jumpa remaja. Hal ini dikarenakan tempat ini sering dijadikan pertemuan muda mudi.

Sejak dibuka pertama kali pada awal Januari lalu, tempat ini cukup banyak didatangi pengunjung mengingat lokasi juga cukup dekat, hanya sekitar 7 km dari pusat kota. Bagi pengunjung yang datang hanya dikenakan iuran sukarela yang dananya digunakan membenahi berbagai fasilitas, seperti rumah pohon yang baru saja dibangun serta mempercantik tanaman disepanjang jalan menuju puncak.

Baca juga:  Sembuh PMK, Delapan Ekor Sapi Dipotong

Selama ini penataan mengandalkan swadaya dari masyarakat. Belakangan mulai dilirik pemerintah daerah untuk dikembangkan menjadi salah satu spot wisata merujuk pada Desa Wisata. Secara bertahap, akses jalan menuju lokasi ini mulai diperbaiki. Sehingga warga yang hendak ke atas dipermudah.

Selain pengunjung dari Jembrana, juga dari luar Kabupaten. Pancaseming merupakan salah satu banjar di Desa Batuagung paling ujung Utara.

Selain Bukit JR, Batuagung juga memiliki sejumlah tempat bersejarah seperti monumen perjuangan Lembah Merdeka Gelar. Keduanya memiliki pemandangan yang masih alami. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *