Puncak HUT Kota Negara ke 128 di stage Pura Jagatnata. (BP/Ist)

KOTA Negara kini genap berusia 128 tahun. Memperingati hari jadinya itu, berbagai kemeriahan acara disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Jembrana.Rangkaian peringatannya sejak 4 agustus 2023 diisi beragam kegiatan dari pertunjukan seni budaya, olahraga hingga kegiatan sosial .

Untuk tahun ini mengusung tema Segara Kerthi yang memiliki makna samudera sebagai sumber kehidupan dan kebahagiaan sebagai bagian dari misi pemerintah Kabupaten Jembrana, Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

Momentum hari jadi ke -128 Kota Negara, Bupati I Nengah Tamba mengajak seluruh komponen warga Jembrana untuk bersatu menyambut Jembrana Emas 2026. Bupati juga mengucapkan terimakasih atas bantuan seluruh masyarakatnya dalam mewujudkan berbagai program serta kebijakan, mewujudkan Jembrana semakin baik.

Dihadapan ribuan masyarakat yang memadati puncak perayaan HUT kota Negara ke-128 di Stage Pura Jagatnatha, Selasa (15/8) malam, Bupati Tamba meminta seluruh unsur untuk bersatu-padu bekerjasama untuk mewujudkan Jembrana Emas.

“Mari kita bersatu, seluruhnya kompak. Satukan tekad menuju Jembrana Emas tahun 2026,” ucapnya. Menyongsong Jembrana Emas disampaikan Bupati Tamba perlu disiapkan dari sekarang. Terutama dari sisi sumber daya manusia agar nantinya bisa menjadi pelaku bukan hanya penonton.

“Apa yang kita butuhkan hari ini adalah perbaikan SDM, percayalah hari ini ayo kita bangkit. Di tahun 2026, saya berharap di seluruh rumah tangga masyarakat Jembrana punya pekerjaan dan penghasilan,” ujarnya.

Baca juga:  Banjir Juga Landa Kantor KPU dan PDAM Jembrana, Karyawan Tak Bisa Masuk

Ia mencontohkan daya dukung dari cokelat / kakao Jembrana yang sudah dikenal baik. Ditambahkan lagi, dengan dibangunnya Rumah Produksi Bersama Kakao di Jembrana akan semakin meningkatkan produksi kakao Jembrana sebagai olahan coklat yang memiliki nilai jual tinggi.

Sehingga Jembrana akan segera beralih dari penyedia kakao ,kini fokus membangun sektor hilir kakao. “Tahun ini kita bangun Factory Sharing Kakao Jembrana. Astungkara tahun depan kita sudah bukan menjual biji kakao lagi, tetapi olahan coklat. Dan itu akan memberikan kesejahteraan bagi seluruh petani kakao di Jembrana,” harapnya.

Dengan demikian, Bupati Tamba berkeyakinan Jembrana akan dikenal sebagai daerah produsen coklat yang berkualitas. “Saya punya tekad sesuai arahan presiden Jokowi bahwa setiap kota harus punya city branding, kita akan membranding Jembrana sebagai kota coklat,” jelasnya.

Berbagai pembangunan infrastruktur yang terus dilaksanakan di kabupaten Jembrana menjadi indikator bahwa Jembrana Emas tersebut pasti dapat terwujud.

Dijelaskan Bupati Tamba, tahun ini berbagai fasilitas strategis mulai dikerjakan. Selain Factory Sharing Kakao, Revitalisasi pelelabuhan perikanan Pengambengan, revitalisasi pelabuhan penyeberangan Gilimanuk, revitalisasi Pasar Umum Negara dan Pembangunan Taman Kerthi Bali Semesta juga akan dikerjakan tahun ini.

Baca juga:  ICTN Di Gianyar Momentum Bersama Menjaga Aset Pusaka

Hal yang menggembirakan juga , dalam waktu dekat kata Bupati, Pabrik Mitra Prodin yang menyerap hingga 6.000 tenaga kerja juga akan segera beroperasi. “Dampaknya bagi masyarakat sekitar yaitu membuka peluang usaha seperti kos-kosan dan menjual makanan bagi, ini akan menggerakkan ekonomi kita. Dari sisi pendapatan daerah tentu kita akan mendapatkan retribusi dari situ,” tuturnya.

Bupati Tamba menyampaikan, semua itu tidak akan dapat terwujud tanpa kerjasama berbagai pihak. Baik itu dari instansi Eksekutif, Legislatif, instansi vertikal maupun masyarakat Jembrana pada umumnya. “Saya bersama seluruh jajaran Pemkab Jembrana dan teman-teman di DPRD kita bersatu, satu tekad menuju Jembrana Emas tahun 2026. Di hari ulang tahun kota ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, seluruh jajaran Pemkab Jembrana dari pak Sekda sampai ke semua Kelian, termasuk jajaran Forkopimda yang selalu kompak,” tutupnya

Pada malam resepsi yang digelar di stage Pura Jagatnata, Selasa (15/8) malam, Pemkab Jembrana turut menyerahkan berbagai penghargaan kepada beberapa pihak. Diantaranya lomba drumband tingkat SMA/SMK, lomba drumband tingkat SMP, lomba drumband tingkat SD, lomba Penjor, Lomba subak antar kecamatan, lomba utsawa dharma gita, lomba Mekepung Bupati Cup, lomba gong kebyar anak-anak antar kecamatan se-kabupaten Jembrana, lomba Baleganjur tingkat SD, lomba Baleganjur tingkat SMP, lomba teknologi tepat guna (TTG) tingkat kabupaten Jembrana, Lomba BUMDES tingkat kabupaten Jembrana, lomba desa tingkat kabupaten Jembrana, lomba kelurahan dan lomba desa mandiri bahagia.

Baca juga:  Puluhan Artis Bali Meriahkan HUT ke-17 Radio Genta Bali

Selain itu, Bupati Tamba turut menyerahkan piagam penghargaan kepada seniman pengabdi seni dan budaya di kabupaten Jembrana. Termasuk penghargaan kepada siswa berprestasi Jembrana peraih medali emas pada Japan Design and Invention Expo 2023 (JDIE) di Tokyo Jepang.

Usai menyerahkan penghargaan tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba juga melakukan penandatanganan MoU kerjasama dengan sejumlah pihak . Diantaranya degan PT. Pos Indonesia dan Kampus Stikom.

Selain itu, bersama jajaran Forkopimda Jembrana menyerahkan secara simbolis santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada pedagang serta santunan kematian warga Jembrana. Resepsi ditutup dengan penampilan artis pop bali hingga pertunjukan kembang api. (Adv/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *