Trotoar di kawasan Kota Negara yang berlubang karena tutupnya hilang. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Sejumlah lempeng berbahan besi yang berfungsi menutup saluran air di atas trotoar raib. Beberapa ruas trotoar di sepanjang jalan protokol di Kota Negara nampak berlubang dikarenakan tutup selokannya hilang.

Seperti trotoar di pinggir Jalan Sudirman dan Udayana, baik di kanan dan kiri banyak terlihat banyak berlubang lantaran tidak adanya tutup selokan. Ada dua jenis tutup selokan yang digunakan, pertama beton dan satu dari besi.

Baca juga:  Banjir Juga Landa Kantor KPU dan PDAM Jembrana, Karyawan Tak Bisa Masuk

Namun dari pengamatan, sebagian besar tutup yang hilang berbahan besi. Diduga tutup selokan trotoar ini sengaja dipreteli atau diduga dicuri sehingga menyisakan lubang.

Seperti yang terlihat di trotoar sepanjang jalan Sudirman kurang lebih satu kilometer di sisi Utara dan Selatan.  Sedikitnya ada 12 penutup selokan trotoar berbahan besi yang diduga diambil sehingga terlihat banyak lubang.

Selain itu juga ada satu titik bagian trotoar yang jebol di dekat simpang empat Taman Makam Pahlawan. Tutup ini sejatinya berfungsi untuk pembersihan di selokan bawah trotoar.

Baca juga:  Harus Tutup Sementara, Toko Non Esensial di Jembrana Ditempeli Stiker

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman, I Gede Sugianta, dikonfirmasi Jumat (19/5) membenarkan adanya beberapa tutup trotoar yang hilang khususnya yang berbahan besi. “Dari pengecekan memang ada beberapa yang hilang, terutama yang dari besi. Kalau yang bahan beton masih. Ada juga yang lubang trotoar perlu diperbaiki,” kata Sugianta.

Terkait jumlahnya pihaknya akan mengecek lebih lanjut, namun memang ada beberapa dan dikonfirmasi hilang diduga sengaja diambil. Ia mengatakan akan mengajukan anggaran perbaikan trotoar yang rusak dan beberapa tutup trotoar yang hilang tersebut melalui Operasi dan Pemeliharaan (OP) di anggaran perubahan ini. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Ribuan Orang Ikuti Jalan Santai HUT Ke-128 Kota Negara
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *