SABANG, BALIPOST.com – Pelabuhan Peti Kemas Sabang atau dikenal sebutan CT3 bisa menjadi pelabuhan transhipment sehingga barang dari Sumatera bisa dibawa ke luar negeri melalui pelabuhan ini. “Kalau bisa jadi pelabuhan transhipment akan menarik, secara teknis bagus dan lokasi strategis,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Sabang, Sabtu (2/12).

Pelabuhan CT3 merupakan pelabuhan alam dengan kedalaman 20 meter sehingga tidak membutuhkan pembangunan dan perawatan sebagaimana pelabuhan lainnya di Indonesia.

Baca juga:  Nekat Naik Sampan dan Bawa Motor Masuk Bali, Lima Warga Banyuwangi Ditangkap

Jika menjadi pelabuhan transhipment, kata Menhub, salah satu alternatif pergerakan arus barang dari beberapa daerah di Sumatera, khususnya dapat melalui Pelabuhan Sabang CT3. Kemudian akan dibawa lagi ke luar negeri dengan kapal yang lebih besar.

Lebih lanjut Menhub mengatakan saat ini sudah ada operator kapal yang berminat menjadikan Pelabuhan CT3 sebagai transhipment. “Makanya saya datang ke sini untuk melihat langsung pelabuhan ini, sudah ada operator kapal yang berminat dengan pelabuhan sabang ini,” jelas Menhub.

Baca juga:  Pascakebakaran, Kawasan Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hadir di Pelabuhan Peti Kemas dalam rangka penyelenggaraan Sail Sabang 2017 yang dibuka Wapres Jusuf Kalla. (Nikson/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *