SEMARAPURA, BALIPOST.com – Segitiga terumbu karang dunia sedang menjadi sorotan mata publik seluruh penjuru dunia. Coral Triangle merupakan kawasan laut kaya akan keanekaragaman hayati meliputi enam Negara, seperti Filipina, Indonesia, Kepulauan Salomon, Malaysia, Papua Nugini dan Timur Leste.

Kawasan tersebut memiliki 600 spesies coral atau 75 persen dari populasi coral dunia, sehingga kawasan ini patut dijuluki Kawasan The Coral Triangle. Untuk tahun 2017 puncak peringatan Word Ocean Day dan Coral Triangle Day dilaksanakan di Nusa Penida bertempat di Wantilan Pura Dalem Ped, Jumat (9/6) malam.

Dalam peringatan tersebut hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny, Ayu Suwirta. Selain itu, juga turut hadir Direktur Konservasi dan Keanegaraman Hayati Laut Andi Rusandi, Camat Nusa Penida I Gusti Gede Agung Putra Mahajaya serta masyarakat setempat.

Baca juga:  Pasar Seni Semarapura Kandidat Penerima DAK 2023

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan bahwa di Nusa Penida sudah ditetapkan menjadi Kawasan Konservasi Perairan (KKP), oleh karena itu Bupati Suwirta berharap agar masyarakat jangan hanya menghandalkan potensi alam, tetapi keanekaragaman budaya harus terus dijaga dan dilestarikan. “Keanegaraman budaya harus dijaga dan dilestarikan, agar keseimbagan tetap terjaga,” ujarnya

Bupati Suwirta juga berharap masyarakat semua bisa menjaga kebersihan terutama sampah plastik, yang paling penting masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. “Lama kelamaan sampah akan mengancam kita sendiri, kita semua sadar apa yang beliu ciptakan harus dijaga dengan baik. Mari kita semua jangan membuang sampah plastik sembarangan,” harap Bupati Suwirta

Hal yang sama juga disampikan Direktur Konservasi dan Keanegaraman Hayati Laut Andi Rusandi, masalah sampah jangan pernah dianggap kecil. Sampah merupakan ancaman yang berbahaya buat keanegaragaman di laut maupun di darat. “Masalah sampah harus kita tangani bersama-sama, agar keindahan laut maupun keindahan di darat tetap terjaga dengan baik,” Ujarnya

Baca juga:  Porcam Klungkung dan Gala Desa, Pemkab Dorong Munculnya Olahragawan Potensial

Sementara itu, Kepala Balai Penggelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Suko Wardono menyampaikan, Peringatan Word Ocean Day dan Coral Triangle Day 2017 merupakan momen titik tolak untuk selalu menjaga dan melestarikan sumber daya yang ada di laut.

Sejalan dengan peringatan Ocean Day dan CT Day, Pemerintah Kabupaten KLungkung bersama BPSPL Denpasar dan CTC telah melakukan beberapa kegiatan antara lain cerdas cermat bagi siswa SMP dengan substansi sumberdaya laut dan konservasi , bersih pantai dan laut serta deklarasi stop buang sampah.  “Mari kita bersama jaga keanekaragaman laut, kurangi membuang sampah plastik dan stop buang sampah ke laut,” harapnya

Baca juga:  Jelang New Normal, Sejumlah Pantai di Sanur Belum Dibuka Penuh

Kegiatan Peringatan Word Ocean Day dan Coral Triangle Day 2017 yang dipusatkan di Wantilan Pura Dalem Ped, Nusa Penida, diawali dengan pelepasan penyu sebanyak 20 ekor di pantai areal Pura Dalem Ped.

Pada hari puncak dilakukan di Wantilan Pura yang diisi dengan Pendatanganan Deklarasi Mari Kurangi Memakai Plastik, Bersihkan Lingkungan Laut dan Darat dari Sampah dan ditutup dengan pementasan Wayang Samudra yang berisi pesan menjaga keseimbangan laut beserta isinya. Dengan seluruh acara ini diharapkan anak cucu bisa menikmati keindahan laut hingga nanti. (adv)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *