Dua orang tenaga medis dengan APD lengkap memberikan pelayanan kesehatan terhadap hewan, Senin (18/5). (BP/Edi)

DENPASAR Bali Post- Terkait adanya pandemi Covid-19 yang berdampak kepada perekonomian, membuat semakin banyak hewan peliharaan yang terlantar. Untuk itu, Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana bersama Animal Australia dan Dinas Pertanian Kota Denpasar melaksanakan vaksinasi rabies dan pelayanan kesehatan hewan gratis khususnya anjing dan kucing lokal atau gladak.

Karena saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, penanganan pun dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19. Yang mana, sejumlah tim medis yang bertugas di RSHP juga menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker bedah, baju antivirus, sarung tangan dan face shield (pelindung wajah).

“Pelayanan kesehatan yang diberikan adalah vaksinasi, sterilisasi (Kastrasi dan OH (ovary histerictomi) emergency dan pengobatan penyakit interna infeksius maupun non infeksius,” ungkap, Direktur Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Prof. Dr. drh. Ni Ketut Suwiti, Senin (18/5)

Baca juga:  Anjing Diliarkan Marak di Gianyar

Kegiatan ini kata dia, akan dilakukan selama 3 bulan. Mulai Bulan Mei, Juni dan Juli. Setiap bulannya dilaksanakan mulai minggu kedua. Teknis kegiatannya dilaksanakan dengan SOP dari Rumah Sakit dan imbauan terkait adanya pandemi Covid-19. Sehingga tidak terjadi kerumunan orang atau pemilik hewan peliharaan. Sementara untuk periode pertama ini RSHP telah melakukan pelayanan terhadap 85 ekor anjing dan kucing. (Yudi Karnaedi/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.