Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mengingat semakin meningkatnya promosi atas destinasi wisata di seluruh Indonesia, tentu saja permintaan akan alat transportasi pun semakin bertambah. Momentum ini bisa Anda jadikan peluang untuk mendapatkan uang tambahan, lewat jasa rental atau penyewaan mobil.

Bagi Anda yang serius untuk memulai bisnis ini, ikuti tips jitu dari Swara Tunaiku berikut, agar keuntungannya nanti bisa optimal.

1. Rentalkan Mobil yang Memiliki Banyak Peminat

Bagi para wisatawan, terutama yang pergi bersama keluarga, tentu saja mereka akan mencari mobil yang memiliki kapasitas yang luas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli mobil untuk disewakan dengan kapasitas tempat duduk, serta bagasi yang lumayan luas. Anda bisa membeli mobil kapasitas luas dengan merek yang sama, atau membeli beberapa dengan merek berbeda.

2. Hindari Membeli Mobil Bekas untuk Direntalkan

Membeli mobil bekas bukannya membuat Anda untung, tapi buntung. Mobil bekas umumnya membutuhkan biaya perawatan lebih, karena akan rentan mengalami kerusakan, terutama di bagian mesinnya. Selain itu, jika kerusakan terjadi saat mobil bekas tengah disewakan, tentu konsumen Anda akan kecewa. Akibatnya, usaha rental mobil Anda pun menjadi tak diminati lagi.

3. Promosikan Rental Mobil Baik Secara Online atau Offline

Promosi merupakan hal yang wajib Anda lakukan, jika ingin membuat usaha Anda laris di pasaran. Nah, hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan melimpah dari usaha rental mobil. Lakukan promosi baik secara offline maupun online. Dengan cara offline, Anda bisa memulainya dengan menyebarkan brosur atau pun iklan rental mobil Anda di majalah dan koran.

Untuk pemasaran secara online, buatlah sendiri akun khusus untuk usaha rental mobil Anda. Sediakan kontak yang bisa dihubungi jika ingin melakukan pemesanan, serta jenis yang tersedia untuk dirental oleh konsumen. Muat testimoni berisikan kepuasan pelanggan atas jasa rental mobil Anda. Jangan lupa juga untuk mengiklankannya di akun media sosial dengan banyak followers.

Baca juga:  Ketombean? Begini Cara Alami Menghilangkannya

4. Bekerja Sama dengan Penyedia Aplikasi Travelling

Saat ini, hampir sebagian besar wisatawan mengandalkan aplikasi travelling untuk memudahkan perjalanan mereka. Anda bisa menjalin kerja sama dengan aplikasi ini, dengan mendaftarkan usaha rental mobil Anda ataupun memasang iklannya di aplikasi tersebut. Jadi, tak hanya wisatawan yang jadi mudah untuk mendapatkan akomodasi, Anda pun jadi lebih mudah mendapat pelanggan.

5. Jangan Lupa Asuransikan Mobil yang Direntalkan

Tak ada yang bisa menduga kejadian buruk apa yang bisa terjadi pada mobil saat tengah disewakan. Mobil bisa saja rusak di tengah jalan, lecet karena kecelakaan, atau bahkan hilang. Untuk meminimalkan kerugian atas kondisi tersebut, jangan lupa untuk mengasuransikan tiap mobil yang Anda sewakan. Alhasil, jika situasi ini terjadi, pihak asuransi yang akan menanggung biayanya.

6. Buat Peraturan Bagi Konsumen yang Merental Mobil

Untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan, yang bisa merugikan Anda, maka buatlah peraturan bagi konsumen yang menyewa mobil. Peraturannya seperti uang muka sebelum mobil digunakan, kartu identitas sebagai jaminan sebelum biaya rental dilunasi, serta peraturan lain terkait penggunaan mobil. Dengan begini, konsumen pun tak sembarangan saat menggunakan mobil.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda ikuti, jika ingin mengoptimalkan keuntungan dari usaha rental mobil. Usaha ini terutama sekali cocok bagi Anda, yang kebetulan bertempat tinggal di area destinasi wisata. Bahkan, jika Anda tekuni dengan baik, Anda bisa menambah jumlah mobil yang direntalkan, dengan menggunakan keuntungan yang telah didapat. Selamat mencoba ya! (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.