Ilustrasi. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tampil cantik dengan kulit yang sehat bercahaya atau glowing merupakan impian semua perempuan. Untuk mewujudkannya, kalian harus melakukan perawatan kulit, terutama kulit wajah.

Zaman sekarang banyak terdapat klinik kecantikan yang menyediakan perawatan kulit dengan harga yang cukup mahal. Apabila tidak ingin mengeluarkan biaya mahal, ada bebebrapa cara mudah dan alami untuk menjaga kulit wajah agar sehat, cerah dan bersih.

Berikut 6 tips menjaga kesehatan kulit wajah, dilansir dari berbagai sumber :

1. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah salah satu cara penting yang dilakukan jika ingin memiliki kulit yang sehat, cerah dan bersih. Melindungi kulit dari paparan sinar UV juga bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini, mencegah keriput, termasuk mencegah risiko terkena kanker kulit.

Baca juga:  Diapresiasi, Peran Aktif Babinsa Tekan Penyebaran COVID-19

Cara yang paling mudah untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV adalah dengan menggunakan tabir surya (sunscreen) dengan minimal SPF 30 sebelum beraktivitas di luar ruangan.

2. Menggunakan Masker Wajah Secara Rutin

Menggunakan masker wajah secara alami adalah salah satu cara untuk menjaga kulit wajah agar terlihat bersih. Masker wajah yang bisa digunakan juga beragam jenisnya, mulai dari masker yang dijual di toko kosmetik hingga menggunakan masker dari bahan-bahan alami. Contoh bahan masker alami yaitu tomat, timun, oatmeal, telur, kopi dan masih banyak lagi.

3. Cukup Minum Air Mineral

Salah satu cara perawatan kulit dari dalam yaitu mengkonsumsi air putih yang cukup. Karena tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat kulit menjadi lebih sehat.

Baca juga:  Bali Jalani PPKM Level 2, Ini Aturannya di Inmendagri No. 18 Tahun 2022

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral 8 gelas setiap hari. Selain dengan mengkonsumsi air mineral, bisa juga diganti dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung tinggi air, seperti semangka, stroberi dan mentimun.

4. Cukupi Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi juga sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit wajah. Asupan mineral, protein, vitamin dan antioksidan yang cukup setiap harinya yang dapat mendukung produksi kolagen dan menjaga sel sel kulit tetap sehat.

5. Olahraga Rutin dan Teratur

Olahraga merupakan tips kesehatan kulit secara alami yang tidak boleh disepelekan. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itulah olahraga dikatakan dapat memperbaiki kerusakan kulit serta membuat kulit lebih sehat dan tampak awet muda.

Baca juga:  Pesona Keindahan di Balik "Low Tide"

6. Kelola Stres dengan Baik

Stres yang tidak terkontrol ternyata bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan memicu munculnya jerawat, eksim dan penyakit lainnya pada kulit. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengelola stres seperti tidur dan istirahat yang cukup serta luangkan waktu untuk melakukan hal hal yang disukai

Merawat kesehatan kulit wajah tidak hanya bertujuan untuk kecantikan. Dengan menjaga kesehatan kulit wajah, wajah akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini dan mencegah berbagai masalah kesehatan kulit lainnya. (Apsari/balipost)

BAGIKAN