DENPASAR, BALIPOST.com – Pilkada serentak 2020 di Bali akan diikuti Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Karangasem. Terkait hal ini, PDIP sudah melakukan penjaringan internal yang dihimpun di DPC. Keenam DPC pun menyerahkan nama-nama kader sebagai bakal calon (balon) kepala daerah dan wakil kepala daerah ke DPD PDIP Bali, Kamis (19/9).

Keenam DPC diterima Wakil Sekretaris Internal DPD PDI Perjuangan Tjokorda Gede Agung. Penyerahan hasil penjaringan diawali DPC Denpasar yang menyetorkan tiga nama kader, yakni IGN. Jaya Negara sebagai bakal calon walikota dan dua kader sebagai bakal calon wakil walikota, yakni AA. Gede Ngurah dan Kadek Agus Arya Wibawa yang turut hadir saat penyerahan berkas.

Berikutnya DPC Karangasem diwakili Bendahara DPC Made Ruspita yang mengusung Ketua DPC Karangasem, Gede Dana sebagai bakal calon bupati dan Made Wirta sebagai bakal calon wakil bupati.

Kemudian DPC Jembrana yang menyerahkan nama Made Kembang Hartawan dan Ida Bagus Susrama sebagai bakal calon bupati Jembrana. Untuk bakal calon wakil bupati, awalnya ada dua nama yakni Dewa Putu Mertayasa, dan Ketut Swastika. Namun, Ketut Swastika yang telah mengambil berkas penjaringan kemudian mengembalikan berkas.

Berbeda dengan perwakilan DPC lainnya, DPC Badung hanya diwakili Sekretaris DPC yakni Putu Parwata. Ia menjelaskan, setelah menggelar rapat penjaringan yang diikuti para kader ranting, PAC hingga DPC, Badung kembali mengusung petahana yakni paket I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Badung.

Baca juga:  Jalur Tegallalang-Keliki Sempat Macet Akibat Longsor

Sementara itu, DPC Bangli mengusung Sang Nyoman Sedana Arta yang juga Ketua DPC Bangli sebagai bakal calon bupati serta empat bakal calon wakil bupati. Yakni I Wayan Diar, Gede Mangun, I Made Subrata yang juga adik Bupati Bangli dan I Wayan Artom Krisna Putra. Sebagai pamungkas, DPC Tabanan juga menyerahkan nama bakal calon kepala daerah paling banyak diantara lima DPC lainnya.

Untuk bakal calon bupati, ada nama I Komang Gede Sanjaya, I Ketut Suryadi, I Wayan Widnyana, dan I Gede Suamba. Sedangkan bakal calon wakil bupati, ada nama A.A. Nyoman Dharma Putra, I Made Edi Wirawan, Gede Made Dedy Pratama, I Putu Eka Putra Nurcahyadi, I Nyoman Arnawa, I Nyoman Mulyadi, I Made Arimbawa, dan I Gede Suamba.

Menurut Wakil Sekretaris Internal DPD PDI Perjuangan Tjokorda Gede Agung, berkas yang diserahkan DPC akan diverifikasi DPD untuk berikutnya diserahkan kepada DPP PDIP. Verifikasi di DPD akan berlangsung hingga 22 September.

“Kami DPD tidak berhak untuk memotong (membatasi) kader, berapa pun, tetap kami terima. Nanti persoalan siapa yang dapat, itu DPP. Siapapun dapat rekomendasi biasanya mendapat pendidikan di pusat,” ujarnya. (Rindra Devita/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.