Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

DENPASAR, BALIPOST.com – Mengelola keuangan secara efektif itu memang susah-susah gampang. Kalau kamu tak bisa melakukannya dengan benar, bukan penghematan yang kamu lakukan, malah mungkin sebaliknya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi pengeluaran dalam sebulan dan menabung dana dari pengeluaran tak jadi itu. Ini dia caranya sebagaimana dilansir dari Swara Tunaiku.

1. Susun Anggaran Keuangan

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menyusun anggaran keuangan lebih dulu. Catat semua pengeluaran yang harus dilakukan seperti tagihan, biaya makan, biaya sekolah dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu akan lebih bijak dalam menggunakan uangmu.

2. Disiplin

Selain itu, cobalah disiplin dalam mengatur keuangan. Pastikan kamu mengurangi pengeluaran tersebut tidak hanya dalam satu minggu saja, melainkan seterusnya. Dengan disiplin seperti ini, kamu akan berbelanja dan mengeluarkan uang sesuai kebutuhan saja.

3. Catat Pengeluaran Secara Berkala

Selain itu, catatlah seluruh pengeluaran kamu secara berkala. Cara ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengatur keuangan lebih baik. Kamu bisa mencatat via ponsel. Nantinya, kamu bisa melakukan evaluasi setelah akhir bulan dan mengetahui di mana sebenarnya keborosan kamu.

4. Siapkan Rekening Alternatif

Tak ada salahnya memiliki dua buah rekening. Satu rekening bisa kamu ambil untuk penuhi kebutuhan, satunya tidak. Untuk yang tak bisa diambil, lebih baik gunakan simpanan berjangka. Ini akan membantumu dalam mengorganisasi masalah keuangan.

5. Terapkan Sistem Amplop

Menerapkan sistem amplop ini juga cara yang paling mudah untuk mengatur keuangan. Kamu bisa menyiapkan amplop untuk berbagai kebutuhan semisal untuk biaya makan, transportasi, dan lainnya. Usahakan gunakan sesuai dengan anggaran yang disediakan.

6. Hindari Pembelian Dadakan

Dalam menjalani hidup hemat, lebih baik kamu menghindari pembelian dadakan. Jangan membeli sesuatu yang berada di luar pos pengeluaran yang telah ditentukan. Ingat, jangan membelanjakan uang karena kamu ingin, bukan karena kamu butuh.

Baca juga:  Kiat-kiat Menjadi Pebisnis Andal yang Sukses

7. Beli Barang Bekas

Untuk mengurangi pengeluaran dalam sebulan, beli barang bekas saja. Membeli barang bekas memiliki keuntungan harga yang lebih murah. Namun, pastikan barang yang kamu pilih memiliki kualitas yang tak kalah dari yang baru, ya!

8. Efisiensi Biaya Transportasi

Umumnya, biaya transportasi adalah salah satu sektor yang membutuhkan biaya tinggi. Nah, untuk mengurangi pengeluaran, tak ada salahnya kamu melakukan efisiensi dalam biaya transportasi ini. Misalnya, baiklah kendaraan umum atau berjalan kaki bila jarak yang ditempuh dekat.

9. Lakukan Perbandingan

Tak ada salahnya kamu melakukan perbandingan harga sebelum berbelanja. Jangan terburu-buru. Sebab, dengan melakukan perbandingan lebih dulu, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk barang yang sama.

10. Berhenti Merokok

Bila kamu adalah seorang perokok, maka berhentilah. Kalau tak bisa, kurangi sedikit demi sedikit saja. Namun, ingat, lama kelamaan ada baiknya kamu hentikan sepenuhnya. Berhenti merokok bisa membuat kamu jauh lebih hemat.

11. Putuskan Langganan yang Tak Perlu

Bila sebelumnya kamu mengaktifkan produk langganan seperti penyedia musik dan video daring tapi ternyata jarang digunakan, ada baiknya kamu hentikan mulai sekarang. Lebih baik kamu menyimpan uang langganan tersebut untuk hal yang lebih perlu, kan?

12. Manfaatkan Promo

Promo juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi pengeluaran. Kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah. Ada banyak layanan yang bisa kamu manfaatkan, ya! Namun, ingat, pastikan kamu membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan bila mau menghemat pengeluaran dalam sebulan. Ada cukup banyak, kan? Bila kamu disiplin dalam melakukan hal tersebut, otomatis kamu bisa mengontrol pengeluaran kamu. Dengan begitu, kamu akan terbiasa hidup hemat juga. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.