GIANYAR, BALIPOST.com – DPC PDIP Gianyar, Sabtu (20/4), merilis hasil perolehan suara pemilu dan caleg yang lolos dalam pemilu 17 April 2019. Mereka menyatakan diri merupakan partai “krama” Gianyar.

Hal ini tidak terlepas keberhasilan memperoleh suara. Total sekitar 65 persen kursi di DPRD Gianyar untuk lima tahun ke depan dikuasi oleh kader partai PDIP.

Ketua DPC PDIP Gianyar, Made Mahayastra mengatakan,perolehan suara yang dirilis DPC PDIP Gianyar berdasarkan data C1 yang ada di setiap TPS. Dari 40 kursi di DPRD Gianyar, 26 kursi dipastikan akan diduduki oleh caleg PDIP yang lolos dalam Pemilu lalu, katanya.

Dengan menggunakan metode Sainte Legue, perolehan suara di masing-masing dapil, bertambah rata-rata 2 kursi. Untuk Dapil Gianyar PDIP meraih 27.222 suara dengan 4 kursi. Mereka adalah I Nyoman Alit Sutarya, SH, MH., Luh Suciningsih, SE, I Wayan Gede Pradnyana, S.TP, dan I Wayan Karma.

Untuk Dapil Blahbatuh-Tampaksiring mendapatkan 46.047 suara, dengan perolehan 7 kursi. Para kader partai yang akan duduk di kursi dewan adalah Ni Made Ratnadi, SE, Drs. I Wayan Tagel Winarta, I Gusti Nyoman Yasa, I Wayan Sudiartana, Des, I Made Wardana, Gusti Ngurah Made Serana, dan Dewa Gede Agung Pastika.

Untuk Dapil Sukawati meraih 45.836 suara dengan 6 kursi. Mereka adalah Ketut Sudarsana, Putu Gede Febriantara, Wayan Swarjaya, Wayan Wiarta, dan Putu Tirta.

Baca juga:  KPU Bangli Bagikan APK, 5 Parpol Belum Kebagian

Untuk Dapil Ubud mendapatkan 28.732 suara, dengan 4 kursi, yakni Nyoman Amerthayasa, I Made Budiasa, Made Sudiana, dan Ni Nyoman Etty Yuliastuti.

Untuk Dapil Payangan-Tegallalang mendapatkan 39.318 suara. Dari perolehan suara itu, PDIP mempunyai 5 wakil yakni Nyoman Kandel, I Wayan Suartana, I Wayan Ekayana, I Ketut Sudiasa, dan I Nyoman Ondo Wirawan.

Sedangkan untuk DPRD Bali, perolehan suara mencapai 205.556, dengan perolehan 5 kursi dari 6 kursi yang ada. Mereka yang lolos, yaitu Kadek Diana, Ni Luh Yuniati, I Made Budastra, I Made Rai Warsa, dan A.A. Gede Agung Wira Mantara.

Untuk DPR RI, perolehan suara PDIP mencapai 200.159 dengan 1 kursi. Wakil rakyat yang akan melenggang ke Senayan adalah Nyoman Parta dengan raihan 119.072 suara.

Dari penghitungan versi DPC PDIP, kata Mahayastra, akan menunggu hasil resmi dari KPU Gianyar. Perolehan suara dan jumlah kursi yang tinggi ini dikarenakan oleh pilihan masyarakat. “Dengan jumlah kursi 65 persen di DPRD Gianyar, PDIP merupakan pemenang mutlak,” katanya.

Sementara untuk partai lainnya yang akan menduduki kursi DPRD Gianyar akan berasal dari Partai Golkar dan Demokrat masing-masing sebanyak 5 kursi, Gerinda sebanyak 3 kursi dan PKPI sebanyak 1 kursi. (Agung Dharmada/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.