GIANYAR, BALIPOST.com – Warga digegerkan dengan pohon tumbang di areal pura sebelah barat objek wisata Goa Gajah, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kamis (31/1). Pasalnya pohon tumbang tersebut menimpa dua unit sepeda motor itu yakni Honda Supra X 125D plat merah nopol DK 5773 F dan Sepeda Motor Yamaha Mio Soul nopol DK 2854 AO milik salah petugas kebersihan setempat.

Kepala BPBD Gianyar, AA Gde Oka Digjaya dikonfirmasi mengatakan pohon yang tumbang jenis kayu suar. Panjangnya sekitar 5 meter dengan diameter sekitar 15 cm.

Pohon tumbang diduga disebabkan hujan deras disertai angin kencang. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 2,5 juta. “Kami kerahkan anggota TRC BPBD beserta armada dan perlengkapan ke lokasi kejadian. Pukul 08.24 Wita pohon tumbang sudah dapat dibersihkan,” jelasnya.

Koordinator Obyek Wisata Goa Gajah, Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, I Wayan Sweta menerangkan sebelum kejadian sempat ke lokasi memantau petugas kebersihan. “Saya rutin pagi-pagi ke sini buka pintu sekalian lihat petugas kebersihan, setiap jam 6 pagi. Tadi pagi pas saya kesini, pohon masih berdiri suasana biasa. Nah pas saya sampai di rumah, dapat telepon ada kejadian ini,” jelasnya.

Baca juga:  Karena Ini, Belasan Kilometer Pantai di Buleleng Dibiarkan Abrasi

Wayan Sweta memprediksi, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 Wita. Mengenai dua unit kendaraan yang tertimpa, diakui salah satunya milik petugas kebersihan setempat.

Sedangkan sepeda motor plat merah tersebut milik salah satu pedagang. “Tidak rusak parah, hanya kena spion,” jelasnya.

Selain menimpa dua kendaran, ranting pohon juga merusak papan informasi DTW Goa Gajah. Tidak ada korban jiwa dari musibah ini. TRC BPBD Kabupaten Gianyar bersama pasukan hijau DLH Kabupaten Gianyar dalam sekejap sudah berhasil membersihkan areal.

Sehingga wisatawan yang berkunjung tidak terdampak atas kejadian pohon tumbang tersebut. Ke depan untuk meminimalkan kejadian pohon tumbang, ia telah mengajukan permohonan untuk memangkas dahan pohon yang dirasa membahayakan dan rawan tumbang. (Manik Astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.