TABANAN, BALIPOST.com – Selama ini masyarakat yang ingin mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) harus benar-benar meluangkan waktu yang cukup lama. Bahkan bisa sampai seharian untuk mengurus surat tersebut.

Hal ini menjadi atensi Polres Tabanan, khususnya satuan intelkam dengan berusaha mendekatkan diri pada masyarakat. Salah satunya terobosan pelayanana pembuatan SKCK Weekend. Seperti yang dilakukan, Sabtu (8/9) malam di jalan Gunung Batur, Tabanan atau depan Pos pol Kota.

Kasat Intelkam Polres Tabanan, AKP Ni Luh Komang Sri Subakti, S.H.,MH didampingi KBO Intelkam Polres Tabanan Ipda I Gst Ngr Ketut Sukarata, S. Sos dikonfirmasi Minggu (9/9) menjelaskan kegiatan ini untuk lebih memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Mengingat selama ini untuk pelayanan di kantor hanya dibuka sampai pukul 14.00 wita di hari Senin sampai Kamis, serta sampai pukul 13.00 wita di Jumat dan pukul 10.00 wita pada Sabtu, di semua jajaran polsek.

Meski pelayanan telah dilakukan selama sepekan, namun masih banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan SKCK tetapi terkendala kesibukan tugas yang tidak bisa ditinggalkan. “Minimal masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk membuat SKCK kini bisa terbantu dengan terobosan layanan keliling semacam ini,” jelasnya.

Baca juga:  Nyambi Jualan Pil Koplo, SR Ditangkap

Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan kedepannya akan keliling di pusat keramaian yang ada di kota Tabanan. “Untuk personil ada 3 orang anggota intel yang mengawali dan ditambah 1 anggota reskrim untuk pengambilan sidik jari,” ucapnya.

Tak hanya terobosan SKCK Weekend, dalam waktu dekat layanan ini akan masuk ke sekolah khususnya jenjang SMA, diawali SMAN 1 Tabanan. Dan untuk biaya layanan pembuatan SKCK, sesuai peraturan pemerintah atau PP no 60 tahun 2016 biaya sudah ditentukan sebesar Rp 30 ribu.

Salah satu masyarakat, I Gede Putu Suardiayasa mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya layanan SKCK keliling Weekend. Bahkan pihaknya berharap layanan semacam ini bisa menyasar seluruh wilayah. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.