Pos Pengamanan di kawasan Tanah Lot, Tabanan. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Menghadapi arus mudik Lebaran yang semakin dekat, Polres Tabanan telah mengambil langkah proaktif dengan menyiapkan empat pos pengamanan (pos pam) strategis di sepanjang jalur lintas provinsi, Denpasar-Gilimanuk. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kelancaran perjalanan bagi para pemudik.

Kabag Ops Polres Tabanan, Kompol I Nyoman Sukadana di sela-sela Pelatihan Pra Ops Ketupat Agung 2024 di GOR Debes, Selasa  (2/4) menjelaskan, empat pos dimaksud yakni Pos Pam Selabih, Ulun Danu, Tanah Lot, dan Pos Pam Al-Huda Kediri. “Jalur Denpasar-Gilimanuk menjadi titik fokus pengamanan utama kita untuk arus mudik Lebaran 2024,” ungkapnya.

Baca juga:  Dukung Mudik Aman dan Sehat, Pemerintah Sediakan Aplikasi InaRisk

Selain memperhatikan arus mudik, Polres Tabanan juga telah menyiapkan strategi pengamanan untuk malam takbiran dan pelaksanaan salat Idul Fitri 2024. Lebih dari 330 personel gabungan dilibatkan dalam pengamanan arus mudik yang melintasi jalur utama Denpasar-Gilimanuk serta objek vital lainnya.

Menyikapi pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Sukadana menegaskan bahwa tidak ada perbandingan langsung. Namun, ia menegaskan bahwa pengamanan akan ditingkatkan setelah mengevaluasi pengalaman dari tahun sebelumnya.

Baca juga:  Antisipasi Lonjakan Penumpang, Armada Cadangan Disiapkan

Fokus utama pengamanan terletak pada jalur mudik Jalan Denpasar-Gilimanuk serta tempat-tempat keramaian dan objek wisata yang menjadi tujuan utama para wisatawan. Polres Tabanan dan instansi terkait telah menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung terutama di sektor jalan raya.

“Sarana dan prasarana, terutama jalan, telah kita perhatikan dengan melakukan pemangkasan pohon yang berpotensi membahayakan. Kendala-kendala seperti truk mogok juga telah ditangani bersama instansi terkait lainnya,” jelas Sukadana.

Baca juga:  Mantan Karyawan Bank BUMN Jalani Sidang Tuntutan, Kembalikan Dana Ratusan Juta

Sementara itu, dalam mengantisipasi lonjakan kunjungan pariwisata khususnya di Tabanan, Polres Tabanan telah mempersiapkan pengamanan ekstra di lokasi-lokasi wisata favorit seperti Tanah Lot, Ulun Danu, dan Danau Beratan. Dengan langkah-langkah preventif ini, diharapkan arus mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan aman bagi semua pihak yang terlibat. (Puspawati/balipost)

 

BAGIKAN