Pengerjaan underpass si.pang tugu Ngurah Rai secara fisik sudah rampung, pekerja masih terlihat melakukan penyempurnaan di beberapa titik, Selasa (4/9). (BP/edi)

 

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pengerjaan fisik Underpass simpang tugu Ngurah Rai dengan Total panjang 712 meter, secara keseluruhan sudah selesai. Namun saat ini dilokasi masih terlihat pengerjaan perbaikan-perbaikan serta penyempurnaan dan finishing di beberapa titik.

Bahkan, kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Nyoman Yasmara, saat ditemui di lokasi proyek, Selasa (4/9), saat ini masih ada yang hatus disempurnakan. Sampai akhir bulan September pun kata dia masih tetap ada pemeliharaan.

Setelah selesainya pengerjaan keseluruhan, Yasmara mengatakan, untuk upacara melaspas akan dilakukan pada tanggal 12 September ini. Sedangkan, untuk laik fungsi dari Underpass ini, pihaknya masih menunggu izin dari pusat.

“Sambil menunggu Izin dari pusat, rencananya kita akan melakukan pra uji laik fungsi dulu. Ini masih kita koordinasikan. Sementara dilapangan sudah siap untuk uji laik fungsi, cuman kita belum dapat jadwalnya,” pungkasnya.

Sementara, untuk ornamen di dinding underpass, seluruhnya sudah terpasang. Baik untuk Relief perjuangan I Gusti Ngurah Rai di bawah maupun ornamen yang di atas sudah selesai terpasang. Untuk saluran drainase bak penumpang (Sumpit) dan pompa saat ini masih menunggu umur beton sebelum di grouting/injeksi untuk sumur dalamnya.

Baca juga:  Karena Ini, Proyek Pelebaran Simpang Jimbaran Terhambat

Setelah itu baru akan difungsikan untuk pompanya. Sedangkan, untuk taman di atas underpass  juga sudah selesai semua. Namun untuk pemeliharaan masih terus berlanjut.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polresta Denpasar, Kompol Rahmawati Ismail mengatakan, dengan mulai dioperasikannya underpass nanti, tentu arus lalulintas disekitar akan lebih lancar. Meski demikian, pihaknya mengharapkan pengguna jalan agar tetap mengutamakan keselamatan dan menaati rambu. Karena dilokasi tersebut juga dilengkapi dengan rambu pelican crossing untuk penyeberang jalan.

Pelican crossing ini kata Kompol Rahmawati, tentunya menjadi hal yang baru bagi masyarakat sekitar. Untuk itu, kepada masyarakay pengguna jalan, diharapkan untuk memberikan prioritas kepada penyebrang jalan. Baik dari arah Utara menuju ke Selatan ataupun dari arah Badara menuju simpang Dewa Ruci. Karena dilokasi Underpass terpasang dua rambu pelican crossing. “Pengguna jalan kami harapkan agar memperioritaskan penyeberang jalan apabila lampu untuk penyeberang jalan menyala,” harapnya. (yudi karnaedi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.