Lokasi yang akan menjadi daya tarik baru di DTW Ulun Danu Beratan. (BP/san)

TABANAN, BALIPOST.com – Agar tidak monoton setiap berkunjung ke DTW Ulun Danu Beratan, saat ini pihak pengelola menyiapkan daya tarik baru, salah satunya taman bunga dan lokasi untuk swafoto.

Manajer DTW Ulun Danu Beratan, Wayan Mustika, Selasa (18/6) mengatakan dalam menyiapkan daya tarik baru ini pihaknya menata lahan disebelah utara Pura Ulun Danu seluas 60 are. Penataan diperkirakan menghabiskan dana pengembangan 500 juta dan sudah bisa dinikmati wisatawan saat Festival Art Ulun Danu Beratan Minggu (24/6) mendatang.

Lanjut Mustika lahan yang ditata awalnya berupa rawa dan sering banjir. Pihaknya kemudian melakukan penataan sehingga lahan ini nantinya bisa digunakan sebagai tempat outbond ataupun aktivitas lain dan juga bisa sebagai tempat pemedek melakukan persembahyangan di Ulun Danu.

‘’Dulu ditempat tersebut rawa-rawa dan sering banjir. Jadi tanah-tanah bekas bawaan banjir kita keruk dan lahan yang berbentuk rawa kita urug hingga padat,’’ ujar Mustika. Dengan penataan ini selain memberikan daya tarik baru juga menghindari banjir serta pendangkalan danau.

Baca juga:  Satpol PP Tertibkan PKL Danau Beratan

Fasilitas yang disiapkan di lahan seluas 60 are adalah taman bunga seluas empat are serta museum pura Ulun Danu berbentuk telur yang merupakan bantuan dari Kementerian Pariwisata. ‘’Museum juga nantinya bisa digunakan untuk selfie,’’ ujar Mustika.

Mengenai kunjungan sendiri, pihak manajemen menargetkan akan ada kenaikan setidaknya 4000 kunjungan per hari. Tanda-tanda peningkatan ini sudah mulai terlihat dimana sebelum acara pra festival kunjungan rata-rata 1500 per hari dan saat ini sudah mulai meningkat menjadi 2000 hingga 2500 orang per hari. (wira sanjiwani/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.