NEGARA, BALIPOST.com – Polres Jembrana mengerahkan ratusan personil dalam pengamanan pelaksanaan Nyepi tahun ini. Personil polisi hingga di tingkat Polsek, ini nantinya bersinergi dengan TNI dan pecalang dalam pengamanan, dimulai saat pengerupukan Jumat (16/3) hingga Ngembak Geni pada Minggu (18/3) nanti.

Kabag Ops Polres Jembrana Kompol M. Didik Wiratmoko seizin Kapolres Jembrana, AKBP Priyanto Priyo Hutomo Kamis (15/3) kemarin mengatakan sejak Jumat pagi, sebanyak 515 personil Polres akan dilibatkan dalam pengamanan. Khususnya pada saatpengerupukan,saat parade ogoh-ogoh yang berlangsung hingga di tingkat desa.

Polres telah melakukan pendataan, dari Pengeragoan hingga Gilimanuk terdapat 528 ogoh-ogoh. Masing-masing personil polsek termasuk Babinkamtibmas akan berkoordinasi dengan TNI (Babinsa) yang  tersebar di desa/kelurahan.

Kompol Didik mengatakan dari pemetaan ratusan pawai ogoh-ogoh di Jembrana ini, tidak ada titik rawan. Hanya saja titik pusat  pelaksanaan parade ogoh-ogoh dilakukan di kawasan jalan Sudirman atau Catus Pata Jembrana.

Sehingga selama pelaksanaan itu akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas jalan jurusan Gilimanuk dan Denpasar ke jalan Ngurah Rai Negara. Dari ratusan ogoh-ogoh yang tersebar di sejumlah desa itu, ogoh-ogoh yang terbaik akan diarak di kawasan Catus Pata.

Baca juga:  Polda Bali Siapkan Pengamanan Konferensi IMF dan World Bank

Ogoh-ogoh ini merupakan perwakilan dari lima kecamatan yang sebelumnya dinyatakan lolos oleh tim penilai. Ketua Sabha Yowana Jembrana, I Ketut Arya Tangkas mengatakan dari hasil penilaian, ada 16 ogoh-ogoh yang akan mengikuti parade. Diantaranya perwakilan Kecamatan Pekutatan, STT Swastika Karya dan STT Satya Darma Kerti, Desa Pangyangan serta STT Giri Semadi, Desa Gumbrih. Kecamatan Mendoyo diwakili, STT Gargita Winangun, Desa Penyaringan, STT Tri Eka Sari, Kelurahan Tegalcangkring dan STT Abdi Taruna, Desa Pergung.

Kecamatan Jembrana diantaranya STT Yowana Duta dari Desa Batuagung, STT Dharma Bhakti, Desa Dangintukadaya dan STT Taruna Karya, Desa Perancak. Sedangkan Kecamatan Negara, STT Sutha Dharma Kerti, Desa Banyubiru, STT Taman Amertha dan STT Kasturi dari Kelurahan Baler Bale Agung serta STT Widya Trepti, Kelurahan Banjar Tengah . Dan terakhir Kecamatan Melaya, STT Wimuda Ped Jaya Sakti dan STT Widya Paramaditya dari Desa Nusasari dan STT Sidha Karya, Desa Warnasari. (Surya Dharma/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.