petugas gabungan melaksanakan apel kesiapan pengamanan yang digelar di halaman Museum Gunung Api Batur, Jumat (22/3). (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Petugas gabungan mulai melaksanakan pengamanan serangkaian karya Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Kintamani, Jumat (22/3). Kegiatan pengamanan diawali dengan apel kesiapan personel di halaman Museum Gunung Api Batur.

Apel yang dipimpin langsung Kapolres Bangli AKBP I Dewa Agung Roy Marantika diikuti personil dari TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan pecalang yang terlibat dalam pengamanan karya. Apel kesiapan ini dilaksanakan bertujuan untuk memantapkan kembali tugas masing-masing personel yang telah dibagi sehingga pelaksanaan karya dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Baca juga:  Truk Tabrak Rumah Warga dan Dua Tewas, Sopir Ditetapkan Jadi Tersangka

Roy menekankan kepada para personil untuk menerapkan pola-pola kerjasama yang baik, sinergitas antar instansi serta koordinasi dan kolaborasi sehingga pelaksanaan pengamanan dapat berjalan dengan baik. Dia juga mengingatkan jajarannya agar tetap menjaga kesehatan. “Sehingga selalu fit dalam melaksanakan tugas pengamanan yang dilakukan selama 17 hari ini,” katanya.

Sebelumnya Kabag Ops Polres Bangli Kompol Dewa Gde Oka menyampaikan total jumlah personil gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan karya sebanyak 435 orang. Mereka akan terploting di 21 titik pos pengamanan yang ada di sepanjang jalur menuju Pura Ulun Danu Batur.

Baca juga:  Puncak Karya Ngusaba di Pura Ulun Danu Batur Digelar, "Nyejer" 13 Hari

Pengamanan karya dijadwalkan hingga 8 April 2024. Dewa Oka memprediksi arus lalu lintas menuju Pura Ulun Danu Batur akan sangat padat.

Sebab pelaksanaan karya beririsan dengan masa cuti bersama Lebaran. Pihaknya pun telah menyiapkan langkah antisipasi untuk mengatasi kekroditan yang mungkin terjadi.

Disampaikan juga bahwa pihaknya sudah melakukan evaluasi terhadap pola-pola pengamanan sebelumnya. Dalam pengamanan karya sekarang pihaknya mengacu pola sirkulasi arus lalu lintas tahun lalu karena dinilai paling efektif. Meski demikian pihaknya juga tetap menyiapkan plan A, plan B, dan plan C menyesuaikan kepadatan arus lalu lintas.

Baca juga:  Baliho Bergambar Angka dan Jargon Paslon Terpampang di Sejumlah Titik

Demi kepentingan bersama, keamanan, kenyamanan dan kelancaran seluruh umat yang akan melaksanakan persembahyangan, Dewa Oka menghimbau kepada seluruh umat/pemedek yang akan tangkil agar mengikuti arahan petugas yang berjaga di sepanjang rute menuju pura Ulun Danu Batur. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *