Petugas mengangkut sampah di TPS Pulau Kawe ke truk yang akan dibawa ke TPA Suwung. (BP/wan)

DENPASAR, BALIPOST.com – Renovasi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) di Jalan Pulau Kawe sudah rampung. TPS yang dirancang underground itu dilengkapi alarm.

Menurut Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, I.B. Putra Wirabawa, Senin (5/2), TPS Underground tersebut akan diuji coba. Tetapi, belum diketahui kapan pelaksanaannya.

Uji coba ini, dikatakannya, perlu dilakukan karena TPS ini dilengkapi sistem alarm. Kalau sampahnya sudah penuh, ada alarm yang berbunyi. Suara alarm ini menandakan truk pengangkut yang standby di TPS harus segera mengangkut sampah.

Depo yang sebelumnya hanya dapat menampung sekitar 30 meter kubik sampah, kini akan dibuat lebih besar dengan kapasitas hingga 30-60 meter kubik sampah. Dengan daya tampung yang lebih besar, sampah kini tidak lagi sampai meluber ke jalan. “Itu memang kecil nanti ukuran deponya, tapi kapasitasnya lebih banyak karena ketika sampah yang dibuang ke Depo Underground mesin akan otomatis mempress sampah tersebut. Sebelumnya kan sampah berantakan begitu saja. Kali ini akan tampak bersih, dan terhindar dari overload,” katanya. (Asmara Putera/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.