DENPASAR, BALIPOST.com – Walau hujan lebat, simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) Pilkada dilaksanakan Polda Bali tetap berlangsung di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur. Simulasi Sispamkota tersebut dibuka Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Gede Alit Widana dan dihadiri paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, KPU serta pejabat terkait.

Kali ini selain personel Polda Bali dan jajaran, simulasi tersebut melibatkan prajurit TNI, linmas, BPBD dan masyarakat. Polisi memperagakan mulai dari pendaftaran paslon, kampanye, perusakan alat peraga, pencurian kotak suara, demo rusuh, penjarahan, pembakaran toko sembako, penembakan perusuh hingga cara mengamankan tas curigai isi bom.

Usai simulasi, Wakapolda mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan kayakinan kepada pimpinan daerah dan paslon bahwa jajaran Polda Bali siap melakukan pengamanan Pilkada, baik itu dari SDM maupun sarana prasarana akan digunakan. Selain itu untuk menjaga kamtibmas demi terwujudnya pilkada yang aman, tertib dan lancar.

Baca juga:  Debat Kedua Pilgub Bali Bahas Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat

Untuk jumlah personel dikerahkan saat simulasi selain dari anggota polda, juga ditambah anggota polres jadi pemenang lomba simulasi pengamanan TPS. “Pada saat pilkada pengerahan personel Polda Bali secara bertahap, mulai deri pendaftaran paslon, penetapan, pengundian nomor, pemungutan suara hingga pelantikan. Tiap tahanan jumlahnya berbeda. Paling banyak saat pemungutan suara. Jumlah TPS yaitu 6.500. Dua per tiga kekuatan Polda Bali dikerahkan,” tegasnya.

Apakah ada pengerahan sniper? “Itu bagian dari protap kami,” tandas mantan Kapolresta Denpasar ini.

Jenderal bintang satu ini mengimbau kepada massa pendukung paslon untuk bersama-sama bergandengan tangan mewujudkan pilkada yang aman. “Ingat kita semua menyamabraya. Kami berharap adegan-adegan simulasi tidak untuk ditiru masyarakat. Walau hujan lebat, simulasi dilanjutkan karena polisi harus siap menghadapi segala ujian dan segala cuaca serta medan,” ujarnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.