pengungsi
Pengungsi di Lapangan Sutasoma yang bersiap untuk pulang ke kampungnya yang berada di luar KRB III. (BP/nik)
GIANYAR, BALIPOST.com – Puluhan pengungsi di Posko Sutasoma, Sukawati sudah mulai di pulangkan pasca turun status Gunung Agung dari level awas menjadi siaga. Tercatat sekitar 37 pengungsi berasal dari luar KRB III yang dipulang, hingga Senin (30/10).

Salah satu pengungsi, Ni Nyoman Sari (38) mengatakan, akan langsung menetap di kampungnya di Banjar Perangsari Tengah Desa Duda Kecamatan Selat. “Dapat kabar dari keponakan, rumah kami di Karangasem tidak masuk KRB. Jadi saya minta anak yang kerja di Nusa Penida agar jemput ke posko,” ujarnya.

Ni Nyoman Sari pun pulang bersama 3 anggota keluarganya. “Saya dijemput anak bawa sepeda motor, keluarga yang lain kami minta bantuan BPBD untuk ngantar ke kampung. Sekalian juga bawa barang banyak,” ujarnya.

Baca juga:  Masih Kritis, Solfatara di Gunung Agung Capai 50 Meter

Terkait Galungan, Ni Nyoman Sari sudah melakukan persiapan. Sejumlah bahan upakara sudah dibelinya. “Kemarin juga sempat ke kampung buat jajan. Kalau sekarang, suami sudah nampah ayam dirumah,” terangnya sumringah.

Kasi Kedaruratan BPBD Gianyar, I Wayan Eka Mulya mengatakan, 37 pengungsi yang pulang didata secara rinci. Sehingga kini total ada 505 jiwa pengungsi yang masih tinggal di Posko Lapangan Sutasoma, Sukawati. “Sebelum pulang, mereka lapor dulu di petugas administrasi dan menandatangani surat pernyataan, bahwa ingin pulang dengan kemauan sendiri,” jelasnya. (manik astajaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.