Branch Manager Denpasar PT. Asuransi Astra Buana, Paulus C. Wijanarko didampingi Section Head Operation Denpasar Branch, Ni Luh Anita Noviana, Rabu (25/10) saat berkunjung ke Kantor Bali Post. (BP/gie)
DENPASAR, BALIPOST.com – Kesadaran masyarakat Bali tentang asuransi belum begitu menggembirakan. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya masih rendahnya pengetahuan terkait manfaat asuransi. Demikian dikemukakan Branch Manager Denpasar PT. Asuransi Astra Buana, Paulus C. Wijanarko didampingi Section Head Operation Denpasar Branch, Ni Luh Anita Noviana, Rabu (25/10) saat berkunjung ke Kantor Bali Post.

Menurut Paulus, masih rendahnya kesadaran terkait asuransi ini bisa dilihat dari minimnya minat mengikuti asuransi. Dicontohkan di Asuransi Astra, keikutsertaan warga Bali untuk ikut asuransi masih rendah. Ia menilai hal ini dikarenakan sejumlah faktor, misalnya pengetahuan terkait asuransi dan penghasilan.

Terkait pengetahuan masyarakat, ia mengaku akan lebih banyak memberikan edukasi terkait keberadaan dan pentingnya asuransi. Di Asuransi Astra sendiri, ada 4 produk yang dijual yakni retail, commercial, syariah, dan kesehatan. “Kami memang lebih dikenal dengan produk Garda Oto, tapi Asuransi Astra masuk kategori asuransi umum dan memiliki beragam produk selain asuransi kendaraan,” paparnya.

Baca juga:  BPJS Kesehatan Terlambat Bayar Klaim Rumah Sakit

Ia mengutarakan pengetahuan masyarakat terkait asuransi ini perlu ditingkatkan karena sebenarnya manfaat asuransi sangat penting. Sebut saja untuk kendaraan. Dengan asuransi, beban biaya di kemudian hari akibat kerusakan bisa diminimalkan.

Ia mengakui masih rendahnya minat masyarakat mengikuti asuransi juga tak terlepas dari sulitnya melakukan klaim. Namun, ia memastikan jika seluruh prosedur dan persyaratan yang ditentukan sudah terpenuhi, pengajuan klaim akan diproses secepatnya. “Pernah dalam sebuah kasus kami mengganti mobil yang hilang karena dicuri. Ini bisa dilakukan jika semua prosedur dan persyaratan sudah terpenuhi,” paparnya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.