AMLAPURA, BALIPOST.com – Mabes TNI melakukan survei ke Pos pemantauan Gunung Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Karangasem, Jumat (29/9). Paban VI Survei Pemetaan Pom TNI Kolonel Asep Edi Rosidin mengatakan, kedatangannya ini bertujuan melakukan survei berkaitan dengan kondisi Gunung Agung saat ini.

Menurut Kolonel Asep Edi, pihaknya mulai menyiapkan data-data pendukung. Sebab selain BNPB, pihaknya juga ikut menyiapkan data-data terkait Gunung Agung, baik dari data topograpi maupun data tematik yang dibuat TNI. “Kedatangan kita ke sini (pos pemantau Rendang, red) sebagai survei pendahuluan saja. Tadi kita lakukan pemantauan memakai drone. Langkah ini dilakukan untuk mencari data pendukung jika terjadi apa-apa dengan Gunung Agung,” ungkapnya.

Baca juga:  Mengungsi, Warga Karangasem Alih Profesi

Menurut Asep Edi, pihaknya tetap mensupport BNPB dalam mempersiapkan data-data pendukung. “TNI mempunyai peran membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan ketika terjadi bencana alam. Salah satunya erupsi Gunung Agung,” kata Kolonel Asep Edi.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk saat ini dari segi data untuk mendukung BNPB maupun personil sudah sangat siap kalau dibutuhkan sewaktu-waktu. “Berapapun anggota yang diminta kita akan siapkan,” tegas Kolonel Asep Edi. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.